alexametrics

3 Hal Ini Jadi Pertimbangan Bagi Konsumen Saat Memilih Aki Mobil

19 Mei 2019, 11:22:13 WIB

JawaPos.com – Aki mobil atau baterai pada mobil berfungsi untuk menyimpan listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk mensuplai starter kendaraan. Di Indonesia, terutama kota-kota besar, makin banyak yang menghabiskan waktu dalam berkendara.

Semakin banyak waktu yang dihabiskan di dalam kendaraannya, maka diperlukan fungsi optimal untuk starter, lampu dan klakson. Perlu dipastikan bahwa fitur-fitur mobil sebaiknya dirancang untuk dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama, dan performa fitur-fitur ini sangat dipengaruhi oleh aki.

Namun, dalam keterangan tertulis, Minggu (19/5), ada juga konsumen yang menunjukkan, walaupun mereka sangat mementingkan kenyamanan berkendara, tetapi konsumen tidak terlalu peduli akan pilihan aki dan juga kondisinya.

Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan oleh produsen aki NS Battery, rasio jumlah orang yang tidak memprioritaskan pilihan aki untuk kendaraan mereka adalah sebesar 1:8. Artinya, aki tergolong produk pendukung kendaraan yang masuk kategori rendah dalam hal kepedulian penggunanya.

Buat Anda yang masih bingung, ada beberapa hal ternyata yang menjadi pertimbangan saat memilih aki mobil. Apa saja?

1. Ketahanan dan Kualitas

Hasil survey yang dikeluarkan Kantar Millward Brown menunjukkan, sebanyak 53 persen konsumen mengatakan bahwa hal utama yang mereka cari dari produk aki adalah ketahanannya. Tren gaya hidup terus berkembang, model dan tipe kendaraan juga semakin canggih. Orang berkendara bukan lagi hanya mementingkan fungsi, namun juga kenyamanan dari berbagai aspek, semua keunggulan dan fitur diinisiasi oleh baterai, dalam hal ini aki mobil.

“Inilah mengapa inovasi aki mobil juga harus terus ada, bahkan selangkah lebih maju,” kata Presiden Direktur PT Nipredd Energi Otomotif, Richard Tandiono, dalam keterangan tertulis, Minggu (19/5).

2. Garansi

Hal ini berkaitan erat dengan layanan purna jual aki, yaitu garansi. Pemberian garansi dapat menjadi pembuktian bahwa kualitas aki sudah teruji dan dapat diandalkan. Melihat fakta tersebut dan berkomitmen untuk tetap mengutamakan kenyamanan para pengguna kendaraan, bulan April 2019 lalu NS Battery melakukan terobosan dengan meluncurkan produk aki NS Tiger untuk kendaraan penumpang dengan garansi resmi 36 bulan, yang pertama di Indonesia.

Melalui produk terbaru ini, NS Battery memberikan lebih banyak pilihan durasi garansi bagi pemilik dan pengguna kendaraan. Sebelumnya, NS Battery telah memproduksi aki bergaransi resmi 8, 12 dan 18 bulan.

“Selain untuk lebih memberikan kepastian bagi konsumen dalam hal kenyamanan dan keamanan dalam waktu lebih lama saat berkendar,” jelas Richard.

Manfaat garansi menjadi prioritas utama dalam hal kesinambungan inovasi aki mobil, yang berpengaruh langsung terhadap kemudahan dan kenyaman. Berbeda dengan aki pada umumnya yang memberikan garansi toko artinya garansi hanya berlaku di toko tersebut.

3. Perhatikan Kapasitas Aki dan Sesuai Spesifikasi Mobil

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kapasitas aki mobil yang akan dibeli, baik aki basah maupun kering memiliki kapasitas dan ukurannya masing-masing. Pastikan untuk mengecek ukuran, dimensi, ampere, dan tegangan yang dimiliki aki mobil tersebut. Pastikan sudah sesuai dengan standar yang dimiliki mobil anda, baca lagi baca lagi buku manual mobil atau konsultasikan dengan bengkel resmi.

Agar mendapatkan aki yang lebih awet dan tidak mudah soak, akan lebih baik untuk tidak memilih aki dengan tegangan yang lebih besar dibandingkan standar mobil anda. Memilih aki yang bertegangan lebih besar akan menimbulkan kerusakan komponen kelistrikan dalam mobil Anda.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani