alexametrics

Siap Dirilis Agustus, Toyota Land Cruiser Bakal Dibekali Mesin Hybrid

19 Januari 2020, 23:05:30 WIB

JawaPos.com – Toyota disebut-sebut siap merilis generasi terbaru dari sang legenda, Land Cruiser. Hal tersebut lantaran Toyota Land Cruiser yang dijual hari ini memulai debutnya lebih dari satu dekade yang lalu, tepatnya di tahun 2008.

Sejak saat itu, mobil ini menerima banyak pembaruan, membuat SUV besar ini tetap kompetitif di tengah semakin banyaknya pesaing. Peminat Land Cruiser terakhir memang masih banyak, namun, itu tidak berarti Toyota tidak mempersiapkan penggantinya.

Sebuah laporan baru dari BestCarWeb.jp sebagaimana dilansir JawaPos.com dari Motor1, Minggu (19/1), memiliki banyak rincian dugaan tentang Land Cruiser generasi berikutnya, termasuk debut Agustus mendatang. Menariknya lagi, SUV yang identik dengan kapabilitas off-road ini kabarnya akan dibekali juga dengan tenaga mesin hybrid.

Awal bulan ini, sebuah laporan mengatakan pembuat mobil akan menghidupkan kembali unit SUV besar seperti Venza untuk kendaraan hybrid murni. Selain Venza, lini mobil gambot lainnya dari Toyota yang kabarnya akan ditopang mesin hybrid adalah Sienna generasi terbaru.

Tetapi BestCarWeb.jp melangkah lebih jauh dan mengatakan Land Cruiser akan menggunakan powertrain hybrid V6 3,5 liter yang menghasilkan 295 tenaga kuda (220 kilowatt) dan torsi 262 pound-kaki (356 Newton-meter).

Ini akan menggantikan mesin V8 4,6 liter Land Cruiser saat ini. Mesin ini menghasilkan 313 hp (234 kW) dan torsi 339 lb-ft (460 Nm).

Publikasi ini mencatat Land Cruiser generasi terbaru juga akan mengadopsi platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang menopang banyak model terbaru Toyota. Tidak hanya akan mempertahankan struktur rangka tangga Cruiser, platform baru ini juga akan membantu mengurangi bobot dan tentunya dapat berpengaruh kepada efisiensi daya.

Gearbox otomatis enam kecepatan model lama juga kabarnya akan digantikan oleh CVT. Penggerak empat roda penuh waktu atau full time 4×4 juga disebut akan menopang performa kendaraan ini.

Menurut BestCarWeb.jp, Land Cruiser generasi berikutnya juga akan menerima tampang baru juga. Mobil ini disebut bakal menampilkan gril trapesium yang serupa dengan yang ada pada kendaraan Toyota lainnya.

Di bagian dalam, akan ada tempat duduk untuk lima atau delapan penumpang dengan dua atau tiga baris tempat duduk. Fitur keselamatan terkini bagi penumpang dan sejumlah teknologi canggih lainnya juga diharapkan ada pada Land Cruiser model anyar.

Meski BestCarWeb.jp mengatakan kita akan melihat Land Cruiser baru musim panas ini, sampai saat ini belum ada bocoran mengenai desain mobil yang bersangkutan. Namun seperti sudah disinggung di atas soal usia Land Cruiser terbaru yang sudah terbilang berumur, Toyota diduga kuat akan sangat memperhatikan sektor eksterior untuk mobil ini mengingat persaingan di kelas yang sama terbilang ketat.

Editor : Kuswandi

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads