alexametrics

Bedah Spek Mobil Listrik yang Dijajal Presiden Jokowi di GIIAS 2021

18 November 2021, 10:17:34 WIB

JawaPos.com – Pada hari ketujuh gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Rabu (17/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menjajal dan menyetir sendiri mobil listrik di arena GIIAS yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Di sela-sela mencoba mobil listrik yang diketahui merupakan Mitsubishi Minicab Miev, Jokowi menyampaikan pentingnya ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan agar segera dibangun. Jokowi mengatakan pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik maupun hybrid.

“Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan,” ujar Jokowi.

Soal spesifikasi, untuk mobil listrik yang dijajal Jokowi yakni Mitsubishi Minicab Miev sebetulnya tak ada yang istimewa dari segi desain. Mobil listrik tersebut sejatinya merupakan mobil listrik konsep untuk keperluan niaga.

Didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Presiden tampak menyetir mobil listrik tersebut dengan memutari pelataran depan gedung ICE BSD City.

Bicara spek, mobil listrik yang dijajal Jokowi punya spesifikasi yang cukup mumpuni walau ukurannya kecil. Minicab-MiEV dari Mitsubishi merupakan sebuah mobil konsep yang pertama kali hadir di ajang Tokyo Motor Show 2011 silam.

Mobil niaga ringan ini punya fitur daya listrik 1.500 Watt arus DC dan dapat menjadi sumber tenaga dengan menyalurkan daya AC 100 V yang cukup menyalakan peralatan saat tengah berkegiatan di luar.

Karena nol emisi, mobil listrik ini punya baterai yang menggunakan jenis lithium-ion dengan kapasitas seperti pada jenis trim yakni 10,5 kWh dan 16 kWh. Motor listriknya menghasilkan tenaga maskimal sebesar 41 ps pada putaran 2.500 rpm sampai 6.000 rpm serta torsi 196 Nm pada putaran 0-300 rpm.

Minicab MiEV merupakan LCV yang merupakan akronim dari Light Commercial Vehicle atau kendaraan komersial ringan. Seperti namanya, mobil listrik ini punya faktir bentuk van minimalis yang pada saat tampil di GIIAS 2021 punya kelir putih.

Karena mungil dan minimalis, Mitsubishi Minicab MiEV mampu memenuhi kebutuhan mobilitas di lingkungan yang padat dan sempit. Buat armada logistik atau kendaraan niaga, mobil ini cocok berada di pasar tanah air khususnya DKI Jakarta yang punya tipe pemukiman padat penduduk dengan gang-gang sempit.

Di negara asalnya, Jepang, Mitsubishi Minicab MiEV bukan kendaraan baru dan sudah dijual sejak 2011 silam. Di sana, mobil ini digunakan sebagai kendaraan logistik di dalam kota dengan jarak tempuh tak lebih dari 100 km.

Daya listrik 1.500 Watt DC di balik kap mesin mobil ini mampu menjadi sumber tenaga dengan menyalurkan daya AC 100 V. Daya tersebut cukup untuk menyalakan peralatan elektronik saat berkegiatan di luar ruangan.

Untuk keselamatan, Mitsubishi Minicab MiEV punya fitur dual airbags serta kontrol traksi. Dengan ukuran bodi yang kompak, mobil ini punya juga andal bermanuver dengan radius putar 4,3 meter yang sangat cocok dipakai di jalanan yang sempit.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads