alexametrics

Renault Triber Mulai Diproduksi, Indonesia Tunggu Pasar di India

18 Agustus 2019, 05:56:08 WIB

JawaPos.com – Renault telah meluncurkan mobil terbarunya yakni Renault Triber melalui Maxindo Renault Indonesia (MRI) pada ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 bulan lalu. Meski sudah diluncurkan, harga Renault Triber masih gelap. Pun dengan kepastian mengaspal di Indonesia.

Dua hal itu menjadi pertanyaan dari pencinta Renault di tanah air. Meski begitu, sejumlah spekulasi menyebut Renault Triber akan memiliki harga paling mahal Rp 165 jutaan. Namun, itu masih sebatas spekulasi.

Terkait Renault Triber belum banyak buka-bukaan di tanah air tampaknya terjawab. Hal tersebut sebagaimana dikutip JawaPos.com dari IndianAutosBlog pada Sabtu (17/8). Renault Triber ternyata baru saja memulai produksinya di India.

Sebagaimana diketahui, Renault Triber memang akan diimpor dari India. Jika Renault di Indonesia masih belum berani buka-bukaan itu karena di India Triber belum diproduksi. Kini, Renault telah memulai produksi seri Triber di India. Perusahaan akan meluncurkan MPV baru di negara itu pada 28 Agustus mendatang.

Renault Triber adalah mobil MPV 7 seater yang terinspirasi SUV berdasarkan platform CMF-A +, turunan dari platform CMF-A Renault Kwid. Panjangnya sendiri adalah 3.990 mm, lebar 1.739 mm dan tinggi 1.637 mm.

Renault Triber memiliki jarak sumbu roda 2.636 mm dan ground clearance 182 mm. Ada 84 liter ruang bagasi di belakang kursi baris ketiga. Ini dapat ditingkatkan menjadi 320 liter dengan melipat salah satu kursi baris ketiga, dan selanjutnya menjadi 625 liter dengan melipat ke bawah kursi baris ketiga lainnya.

Renault Triber akan tersedia dengan fitur-fitur seperti lampu depan proyektor, LED DRL, palang atap, velg 15 inci, lampu ekor berbentuk paruh burung elang, pelat selip, sistem infotainment layar sentuh 8 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, ventilasi udara baris kedua yang dipasang di pilar, ventilasi udara baris ketiga yang dipasang di langit-langit, entri tanpa kunci tombol start/stop engine, klaster instrumen LED, dan empat kantung udara.

Renault Triber di Indonesia sendiri digadang-gadang sebagai penantang dominasi Avanza dan menggunakan versi yang disempurnakan dari mesin bensin tiga-silinder Renault Kwid 1.0-liter. Versi ini dilengkapi dengan sistem VVT ganda dan menghasilkan tenaga 72 PS pada 6.250 rpm dan torsi 96 Nm pada 3.500 rpm dan mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual 5 kecepatan atau transmisi manual otomatis 5 kecepatan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads