alexametrics

GIIAS 2019, Panggung Pamer Teknologi Kendaraan Listrik

18 Juli 2019, 07:07:44 WIB

JawaPos.com – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019, akan dibuka pada Kamis (18/7). Gelaran ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Banten. Hingga Minggu (28/7) mendatang, pengunjung akan bisa melihat langsung jajaran kendaraan-kendaraan terbaru dari sejumlah produsen otomotif. Selain tentunya mobil atau kendaraan andalan mereka.

Tak hanya itu, ajang kali ini bisa dikatakan sebagai panggung pamer teknologi kendaraan listrik. Maklum saja, tekologi tersebut memang tengah menjadi bahasan serius para produsen otomotif, terutama APM-APM di Indonesia.

Seperti diketahui, GIIAS 2019 Jakarta yang dilangsungkan di ICE BSD, Banten, mengusung tema yakni “Future in Motion”, yang bakal mengedepankan teknologi kendaraan listrik, otonom, dan digital. Hal tersebut seperti disampaikan Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, dalam konferensi pers jelang GIIAS 2019 pada pertengahan Mei lalu.

Menurutnya, GIIAS akan mempresentasikan teknologi otomotif terkini dari industri otomotif Indonesia. Gaikindo dikatakannya akan fokus menjadikan ajang GIIAS sebagai inspirasi bagi banyak orang. Kehadiran kendaraan hybrid, plug-in hybrid, electric, hingga autonomus disebutnya sebagai masa depan otomotif yang harus diantisipasi karena teknologi dinamis.

Senada dengan hal tersebut, sejumlah pabrikan otomotif dalam bocorannya sudah menyiapkan kendaraan listrik andalannya dan akan dipamerkan di GIIAS 2019 di ICE BSD. Salah satunya adalah Mitsubishi. Mitsubishi memperkenalkan Outlander Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Ini adalah mobil listrik pertama Mitsubishi yang siap dirilis di tanah air.

Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura menyampaikan, Mitsubishi tidak ingin hanya membawa produk saja. “Kami berkomitmen dan ingin berkontribusi lebih, dengan menghadirkan teknologi terdepan yang kami sematkan pada produk kami untuk menunjang mobilitas masyarakat Indonesia dan meningkat kualitas hidup dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Toyota lebih ekstrem lagi. Pihak Toyota Astra Motor (TAM) menjadikan GIIAS 2019 Jakarta sebagai ajang showcase kendaraan-kendaraan elektrik. Jajaran kendaraan elektrik tersebut adalah Toyota TS050 Hybrid (kendaraan balap Toyota di ajang FIA World Endurance Championship), Toyota Prius PHEV GR Sport sebagai special exhibition lainnya, dan satu lagi adalah kendaraan konsep yang menggunakan teknologi Fuel Cell (FCEV) berbahan bakar hidrogen yaitu Fine Comfort Ride (F-CR).

Pabrikan otomotif asal Tiongkok, DFSK, juga bakal memamerkan mobil listrik. Mobil konsep SUV listrik yang menjadi contoh teknologi dari DFSK. Arviane Dahniarny selaku PR and Digital Manager PT Sokonindo Automobile, mengatakan bahwa dua mobil anyar yang diperkenalkan sama-sama SUV namun teknologinya berbeda. Satunya konvesional, sementara satu lagi dengan teknologi listrik.

Sementara itu, APM-APM lain juga bakal memamerkan kendaraan dengan teknologi listrik. Hanya, mereka menyimpannya dan dimaksudkan untuk kejutan pada waktu GIIAS 2019 di ICE BSD berlangsung.

Setidaknya ada 20 merek mobil penumpang telah terdaftar menjadi peserta GIIAS 2019 yaitu Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling. Selain itu, 10 merek kendaraan komersial dan karoseri juga sudah resmi menjadi eksibitor yakni DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Sementara untuk sepeda motor, ada 11 merek yang juga akan hadir mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads