alexametrics

Lestarikan Alam, Hino Ikut Tanam Pohon Rempah di Manado

17 Desember 2018, 14:05:58 WIB

JawaPos.com – Hutan yang ada di jantung kota merupakan bagian penting sebagai produsen oksigen bagi makhluk hidup. Karena itu, Ruang Terbuka Hijau ( RTH ), di setiap kota perlu digalakan sesuai dengan kebijakan pemerintah kota dan pusat.

Mendukung adanya RTH di berbagai kota, kali ini PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) menyumbang dan menanam pohon di lahan RTH yang telah disiapkan pemerintah kota Manado di Universitas Negeri Manado ( UNIMA ) , sebagai lahan yang berisi  hamparan pepohonan yang dapat meresap polutan, dan sumber oksigen.

Melalui program Corporate Social Responsibility ( CSR), Hino Indonesia turut ambil bagian dengan penanaman pohon produktif seperti Cengkeh, Pala dan Kenari untuk mengembalikan kejayaan tanaman rempah di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung penuh antusias pada Sabtu (15/12)

Presiden Direktur PT. HMMI, Kazushi Ehara mengatakan aktivitas menanam pohon tanaman rempah-rempah ini perlu digiatkan untuk memberikan dukungan bagi penghijaun kota sekaligus melestarikan dan membudidayakan tanaman rempah-rempah yang sejak lampau terkenal di Sulawesi.

“Kita ingin bersama-sama menjaga lingkungan sekitar dengan tanaman-tanaman khas setiap daerah dan ini bisa kita lakukan bersama karena itu Hino sangat mendukung aktivitas ini,” kata Ehara yang ikut dalam kegiatan CSR Hino tersebut.

Arboretum merupakan kebun koleksi pepohonan dengan luasan tertentu, berisi berbagai jenis pohon yang ditanam sedapat mungkin mengikuti habitat aslinya, dan sebagai area pelestarian keanekaragaman hayati dan dapat memperbaiki/ menjaga kondisi iklim di sekitarnya.

Selain itu, keberadaan Arboretum ini memiliki arti yang penting karena menjadi lokasi penelitian dan pengembangan atau pendidikan bagi mahasiswa UNIMA, khususnya di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ( FMIPA )

Melalui kegiatan CSR yang dilakukan, Hino Indonesia berharap dapat berkontribusi secara langsung dalam bidang pendidikan dan lingkungan hidup melalui UNIMA sehingga civitas akademika UNIMA dapat meningkatkan kontribusinya dalam membangun negara Republik Indonesia. 

Dalam kesempatan ini, tim CSR Hino Indonesia berkesempatan hadir pada acara serah terima “Penanaman tanaman rempah di Arboretum UNIMA”. Serah terima secara simbolik dilakukan oleh Kazushi Ehara, kepada Mrs. Prof. Dr. Julyeta P.A. Runtuwene, MS selaku Rektor Universitas Negeri Manado.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (wzk/JPC)



Close Ads
Lestarikan Alam, Hino Ikut Tanam Pohon Rempah di Manado