alexametrics

Presiden Jokowi Minta TKDN dan Ekspor Otomotif Ditingkatkan

17 November 2021, 18:05:33 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada hari ini, Rabu (17/11) pagi di ICE BSD City, Tangerang. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta agar tingkat komponen dalam negeri (TKDN) ditingkatkan.

“Kandungan lokal harus terus ditingkatkan, karena itu tentu akan mendongkrak kepercayaan diri Indonesia saat mengekspor kendaraan,” ujar Presiden Jokowi saat mengunjungi booth Isuzu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE-BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (17/11).

Beberapa waktu lalu, saat melepas ekspor 6.000 unit Isuzu Traga ke Filipina, Presiden Jokowi juga mengaku sudah meminta agar Isuzu meningkatkan kandungan lokal. Menurut Jokowi, jika ekspor semakin meningkat, defisit transaksi berjalan Indonesia akan semakin mengecil dan neraca perdagangan bisa surplus.

“Jika Indonesia kuat ekspor, tentu tidak akan ditekan negara-negara lain. Kita dengan negara manapun akan berani,” lanjut Jokowi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menambahkan, relaksasi pajak penjualan barang mewah (PPnBM) terhadap mobil baru bisa menjadi pendorong peningkatan kandungan lokal produk otomotif nasional.

”Relaksasi ini bukan untuk mendorong penjualan saja, ada faktor yang tidak kalah penting yang kita kejar yaitu local purchase atau kandungan lokal,” kata Menperin.

Presiden Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Eisaku Akazawa menilai permintaan Presiden Jokowi sangat positif. Isuzu yang sudah 46 tahun di Indonesia akan terus meningkatkan kandungan lokal. “Kita terus mencoba mencari apa yang bisa digarap di Indonesia, melokalkan yang saat ini masih dipasok dari luar,” tegasnya.

Terkait kandungan lokal, Direktur PT IAMI Anthon Kumonty menjelaskan, kandungan lokal kendaraan Isuzu Giga saat ini sudah 36 persen, lalu Traga 56 persen, dan Elf sebesar 46 persen. “Peningkatan kandungan lokal harus melihat kesediaan pemasok di Indonesia, termasuk visibility-nya. Tentunya kami berupaya semakin dalam,” terang Anthon.

Dia berharap, pemerintah bisa membantu industri otomotif untuk mendorong peningkatan kandungan local, terutama untuk mendukung peningkatan perekonomian nasional.

”Seperti yang diminta Presiden Jokowi. Ekspor terus kita tingkatkan. Saat ini, Isuzu Traga sudah diekspor ke Filipina, Laos, dan Myanmar. Rencananya tahun depan, ke negara-negara di kawasan Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Afrika,” sebutnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads