alexametrics

Jokowi: Penjualan Industri Otomotif Naik 60 Persen Berkat Diskon PPnBM

17 November 2021, 13:16:12 WIB

JawaPos.com – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung pada 11-21 November 2021 diyakini dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif di masa pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya, Rabu (17/11) mengakui bahwa industri otomotif terkena dampak pandemi. Dampak yang diakibatkan pandemi begitu besar.

“Kita tahu semua bahwa industri otomotif salah satu industri yang terkena dampak besar karena pandemi sejak 2020 lalu,” jelas Jokowi di ICE BSD, Tangerang, Rabu (17/11).

Seperti diketahui, otomotif juga menjadi salah satu pendongkrak ekonomi di dalam negeri. Bukan hanya produsen otomotif besar saja yang ikut menopang perekonomian, tapi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pun menjadi faktor penting didalamnya.

“Pemerintah tahu bahwa industri otomotif ini membawa gerbong yang tidak sedikit, seperti untuk UMKM yang me-supply komponen,” tutur Jokowi.

Oleh karenanya, pemerintah membuat kebijakan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Dari itu berhasil mengerek ekonomi industri otomotif hingga 60 persen.

“Kita lihat sangat mendongkrak penjualan dan produksi dari industri otomotif. Angka ada kenaikan 60 persen, ini sangat baik untuk pemulihan ekonomi,” pungkas Jokowi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads