alexametrics

Jokowi Dorong Para Petinggi Industri Otomotif Percepat Produksi EV

17 November 2021, 16:03:36 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia akan menciptakan ekosistem yang ramah lingkungan. Hal itu dimulai dari peningkatan industri mobil listrik.

“Pentingnya segera dibangun ekosistem untuk mobil yang ramah terhadap lingkungan, mobil rendah emisi,” jelas Jokowi di ICE BSD, Tangerang, Rabu (17/11).

Oleh karena itu, Jokowi mendorong percepatan terbentuknya industri tersebut. Ditekankan olehnya bahwa Indonesia harus menjadi negara yang berbasis green energy.

“Untuk itu kita mendorong untuk produksi mobil listrik, hybrid. Sekali lagi semuanya harus ramah lingkungan,” tambahnya.

Untuk mempercepat hal tersebut, Jokowi sudah berdiskusi bersama para petinggi dari industri otomotif di Tanah Air. Presiden mengajak mereka untuk ikut membantu dalam menciptakan ekosistem yang ramah lingkungan.

“Tadi kita ketemu dengan para CEO dan saya sampaikan apa yang jadi konsen kita dan apa yang harus kita lakukan sama-sama untuk masa mendatang,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa industri otomotif akan diciptakan lebih ke arah ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan memprioritaskan mobil listrik.

“Kita percaya, dia (industri) akan mengarah ke yang ramah lingkungan. Catatannya, indonesia memprioritaskan EV (electric vehicle). Kenapa, karena kita punya material yang menjanjikan, jadi sayang kalau kita tidak hilirisasi,” tandas Agus Gumiwang.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads