alexametrics

Fokus Kendaraan Ramah Lingkungan, Suzuki Terapkan 2 Teknologi

17 November 2021, 17:31:19 WIB

JawaPos.com – Industri otomotif saat ini tengah mengembangkan teknologi yang berfokus pada kendaraan ramah lingkungan. Hal itu bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang dihasilkan dari asap kendaraan. Seperti yang dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales.

Asst To Design Development, Engineering Administration & Homologation Dept. Head PT. Suzuki Indomobil Mahardian Ismadi Brata mengatakan, pihaknya menerapkan teknologi hijau atau Green Technology yang sekaligis menjadi jembatan untuk menuju teknologi elektrifikasi di masa depan.

“Sekaligus menjadi transisi teknologi secara bertahap sebelum beralih ke fase elektrifikasi secara penuh,” kata Mahardian di ICE BSD, Rabu (17/11).

Mahardian memaparkan, teknologi hijau yang dimaksud di antaranya platform HEARTECT dan SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Perusahaan memandang kedua teknologi ini sangat tepat dan terjangkau untuk konsumen.

“Perusahaan terus berinovasi untuk kepuasan konsumen, Suzuki terus mengembangkan beragam alternatif teknologi yang ramah lingkungan. Suzuki menggunakan konsep kecil, sedikit, ringan, pendek dan rapi sebagai inisiatif untuk mengatasi masalah lingkungan,” ujarnya.

Mahardian menyebut teknologi HEARTECT merupakan platform generasi terbaru dari Suzuki yang mengedepankan bobot ringan yang berkontribusi pada peningkatan kinerja saat berkendara, namun tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan kendaraan.

Bobot kendaraan yang dirancang lebih ringan dapat mengurangi beban mesin, sasis, suspensi dan komponen lainnya. Hal ini menciptakan efisiensi bahan bakar yang lebih baik serta peningkatan kinerja saat dikemudikan, menikung lebih stabil, maupun kemampuan berhenti dengan jarak yang lebih pendek.

“Untuk setiap pengurangan 100 kg bobot kendaraan, berkontribusi terhadap peningkatan efisiensi bahan bakar sekitar 5-6 persen,” imbuhnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads