alexametrics

Pesaing Yamaha DMax dan Honda Forza Datang dari Italia

17 Januari 2019, 17:52:14 WIB

JawaPos.com – Perkembangan skutik premium di beberapa negara Asia, termasuk di Indonesia terus menunjukan tren peningkatan. Pengamat otomotif menduga salah satu penyebabnya adalah  kejenuhan pasar motor sport. Kini banyak orang beralih dari motor sport ke skutik premium.

Itu sebabnya motor-motor skutik premium seperti Yamaha D-Max dan Honda Forza banyak menjadi incaran. Selain pasar skutik premium entry-level seperti Yamaha NMax dan Honda PCX yang juga bersaing sengit di segmen lebih bawah.

Untuk pasar negara-negara Asia, seperti diungkap Indianautoblog, Kamis (16/3), orang tak bisa menafikan bahwa pemegang pasar di segmen ini tetap Yamaha dan Honda, sebelum diikuti oleh pemain lain seperti Suzuki dengan Burgman Street yang ikut memanaskan pasar skutik premium.

Namun kini ada satu lagi calon penantang baru Yamaha D-Max dan Forza ditengah eforianya. Motor skutik premium tersebut adalah Aprilia SR Max 300 asal Italia. Kabarnya baru-baru ini, pabrikan asal Negeri Pizza tersebut telah mengumumkan akan kembali menghadirkan model baru keluarga Maxinya.

Aprilia SR Max 300 menggendong mesin berkapasitas 278cc ini menggunakan cairan pendingin yang dipadukan dengan Continuously Variable Transmission (CVT) dan memiliki power 22 hp pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 23 Nm. Skutik asal Italia ini tampil lebih istimewa dari model lainnya karena menggunakan Celemek dengan lampu twin-pod dan desain yang lebih aerodinamis.

Sebagai skutik premium joknya lebih nyaman dengan jahitan mewah berbahan busa khusus . Pijakan kakinya dibuat dengan gaya split yang luas untuk memposisikan kaki lebih nyaman bagi pengendara.

Dengan mesin besarnya, ia dibekali tangki berkapasitas 15 liter untuk mengakomodir mereka yang doyan bertualang. Suspensi depannya menggunakan model teleskopik 35 mm, sementara bagian belakang menggunakan suspensi ganda untuk memberikan kenyamanan di medan-medan semi off-road atau jalan bergelombang.

Aprilia SR Max 300 juga didukung sistem pengereman ABS dua kanal dengan dik 260 mm untuk bagian depan dan 240 mm untuk belakang. Rodanya dibalut dengan ban tubeless berukuran 120 / 70-15 untuk depan dan 140 / 60-14 untuk belakang.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo


Close Ads
Pesaing Yamaha DMax dan Honda Forza Datang dari Italia