SAE Lebih Kental Saat Kondisi Dingin Oli Tidak Menyusup ke Ruang Bakar

16 Maret 2023, 22:53:13 WIB

JawaPos.com – Data kepolisian Republik Indonesia per 2022 menyebutkan, sepeda motor masih menjadi kendaraan andala masyarakat di Tanah Air. Tercatat 152,51 juta kendaraan bermotor dengan 83,27% atau 126,99 juta merupakan sepeda motor.

Jumlah tersebut didominasi motor matic baik baru maupun lama, di mana masing-masing tentunya wajib mendapatkan perawatan berkala agar dapat berfungsi dengan baik.

Hal yang paling umum adalah dengan melakukan penggantian oli mesin secara rutin. Seiring pemakaian dan faktor lain, terdapat kerenggangan antarkomponen pada jantung mekanis.

Kondisi demikian membuat mesin membutuhkan penyesuaian perihal pelumasannya. Pasalnya, usia dan cuaca juga berpengaruh. Tidak hanya gap (celah) pada komponen mesin, kondisi tersebut juga bisa membuat volume oli mesin berkurang drastis.

“Meningkatnya jumlah kendaraan terlebih sepeda motor, terus memotivasi kami untuk menghadirkan produk terbaik guna memenuhi kebutuhan pemilik sepeda motor di Indonesia. Master Durability SAE 20W-40 API SL/MB yang kami luncurkan hari ini bisa menjadi jawaban pemilik motor matic,” ujar Henry Sada, Presiden Direktur PT Autochem Industry di arena GJAW, JCC Senayan, Jakarta.

Pelumas ini diklaim bisa menjadi solusi, khususnya bagi pemilik motor matic Yamaha. Dengan SAE lebih kental, saat kondisi dingin oli tidak akan menyusup hingga ke ruang bakar.

Angka 40 merupakan kebutuhan untuk motor standar Yamaha. Sangat cocok, termasuk untuk penggunaan harian dan kerja berat seperti ojek online.

Sementara National Sales Manager PT Autochem Industry Ben Ungerer menambahkan, oli mesin ini sejatinya dirancang untuk memaksimalkan durabilitasnya. Pelumas terbaru ini telah melalui beragam pengembangan dan pengujian.

“Proses pengembangannya telah kami lakukan sejak 2021. Kemudian kami uji dan buktikan dalam berbagai tes, termasuk perjalanan jauh dari Jakarta – Lombok dan mengelilingi Pulau Jawa. Bukan saja durabilitas, melalui perjalanan itu pelumas ini juga terbukti sangat optimal menunjang kinerja mesin,” tegas Ben.

Terkait spesifikasi, oli mesin Master Durability SAE 20W-40 API SL/MB sudah memenuhi standar API Service SL. Untuk kemasan, tersedia dalam dua varian yaitu 0,8 liter direkomendasikan untuk matic Yamaha 125cc. Dan ukuran 0,9 liter cocok untuk pengguna matic Yamaha 155 series seperti Yamaha NMax 155 dan Yamaha Aerox 155

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Reporter : Agfi

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads