alexametrics

Penjelasan Suzuki Tentang Arti Nama XL7

16 Februari 2020, 23:32:49 WIB

JawaPos.com – Seperti diberitakan sebelumnya Suzuki resmi meluncurkan XL7 yang diklaim sebagai sport utility vehicle (SUV). Kehadiran Suzuki XL7 semakin meramaikan kompetisi segmen medium SUV dalam negeri.

Mobil yang merupakan “kakak kandung” dari Ertiga ini digadang akan bertarung di pasar otomotif Tanah Air dengan dengan model yang lebih dahulu eksis. Diantaranya Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, dan Xpander Cross.

Meskipun menggunakan platform Heartect atau sama seperti Ertiga, XL7 mempunyai bentuk yang berbeda jauh, mulai dari dimensi, eksterior, hingga interior.

Menurut Direktur Marketing SIS divisi roda empat Dony Saputra, nama XL sebenarnya bukan nama baru bagi Suzuki. Karena nama ini mempunyai sejarah panjang sejak menempel pada Suzuki Grand Escudo XL7 pada 2003.

Sedangkan huruf XL merupakan kependekan dari ‘Xtra Large’ yang saat itu mengartikan Escudo sebagai mobil yang mempunyai kabin luas. Sedangkan angka tujuh mengartikan kalau mobil tersebut mampu mengangkut tujuh penumpang sekaligus.

Sementara di India bukan XL7, melainkan XL6 dikarenakan mobil itu hanya mampu menampung 6 orang. Pasalnya menggunakan captain seat pada baris kedua.

“Setelah diamati ternyata nama XL itu belum hilang kok, maka pada akhirnya Suzuki gunakan lagi. Jadi ini bukan hal baru,” ungkap Donny.

Dony menambahkan kalau karakter Xtra Large juga dipunyai pada XL7 yang memiliki dimensi lebih panjang dari Ertiga.

“Kalau kode alpha (tertinggi), beta (tengah), dan zeta (terendah) untuk varian, itu untuk memudahkan konsumen baru alias sebaga pembeda. Nah kalau alpha ini maksudnya seperti kawanan serigala kalau pemimpinnya disebut alpha, terus level di bawahnya beta dan zeta,” pungkasnya.

Mobil anyar besutan Suzuki ini ada enam varian yaitu XL7 ZETA M/T  dibaderol Rp230 juta, XL7 ZETA A/T  dibanderol Rp240.5 juta. Lalu ada Suzuki XL7 BETA M/T  dibanderol p246.5 juta, XL7 BETA A/T  Rp257 juta, XL7 ALPHA M/T Rp256.5 juta dan  XL7 ALPHA A/TRp267 juta. Semua harga merupakan on the road Jakarta.

Editor : Eko Putra



Close Ads