alexametrics

Road Safety, Upaya menyabar Virus Keselamatan Berkendara di indonesia

16 Februari 2019, 03:10:27 WIB

JawaPos.com – Gerakan Road Safety bukan saja menjadi bahasan di Indonesia tetai merupakan isu global, mengingat tingginya angka kecelakaan lalu lintas di semua negara seluruh dunia.Data yang dirilis World Health Organitation (WHO) tahun 2013, jumlah korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas di seluruh dunia mencapai 1,25 juta orang.

Hal ini sangat disayangkan. Kegelisahan bersama ini meahirkan gerakan Global Road Safety Partnership (GRSP) untuk kampanye masif seputar keselamatan berkendara dalam skala lebih besar.

Terkait isu ini, Kepolisian terus berupaya mensosialisasikan bagaimana cara berkendara yang safety sebagai implementasikan amanah Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ) agar terwujud lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar.

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigjeln Pol. Chryshnanda DL mengatakan kepolisian serius memikirkan dan mengimplementasikan Road Safety dengan beragam cara dan variasi agar lebih tepat sasar pada masyarakat dari semua kalangan.

“Road safety humanis adalah refleksi peradaban yang sadar peka dan peduli bahwa manusia sebagai aset utama bangsa. Segala upaya yang mencakup engineering, edukasi, penegakkan hukum dengan berbagai sistem pendukung lainnya adalah untuk mewujudkan lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar,” ujar Chryshnanda DL melalui keterangan resminya pada JawaPos.com, Jumat (15/2)

Menurutnya ada lima hal yang perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif pada masyarakat tentang safety road, yang dimulai dengan manajemen kebutuhan, manajemen kapasitas, manajemen prioritas, manajemen kecepatan dan manajemen emergency.

Implementasinya bisa dilakukan dengan mewujudkan dan memelihara lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Serta upaya membangun budaya tertib berlalu lintas termasuk adanya pelayanan yang prima di bidang LLAJ.

Road safety yang dibangun dengan cara smart seperti ini akan memenuhi standar administrasi, standar hukum dan standar operasional yang didasari moralitas yang baik untuk mencapai keutamaan bersama yakni kemanusiaan dan pembangunan peradaban.

“Mengimplementasikan road safety dituntut profesional cerdas bermoral dan dan modern. Profesionalisme di bidang road safety dibangun dengan berbasis kompetensi, dilandasi SOP yang baik dan benar dengan SDM berkarakter,” pungkasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Road Safety, Upaya menyabar Virus Keselamatan Berkendara di indonesia