alexametrics

Jangan Sembarangan Pakai Relay, Mobil Bisa Terbakar

15 Desember 2021, 13:08:02 WIB

JawaPos.com – Tak jarang kita menjumpai mobil terbakar, saat dalam kondisi dikendarai atau sedang terparkir. Bahkan tak menutup kemungkinan mobil yang terbakar tersebut umurnya mobil keluaran baru.

Biasanya mobil terbakar disebabkan oleh kelistrikan karena telah dilakukan “modifikasi” ataupun kurangnya perawatan. Namun banyak pertanyaan, bila kondisi mobil masih tergolong “usia muda” atau baru juga terjadi kebakaran, apa penyebabnya?

Menurut Rifat Sungkar pebalap Nasional dan juga brand ambasador mobil merek Mitsubishi di Indonesia menerangkan kejadian mobil terbakar harus dilihat dari beberapa kasus yang ada. Mobil terbakar harus dilihat keberadaan letak mesin, di belakang dan depan.

“Perbedaan dari penyebabnya berbeda-beda. Untuk yang biasanya terjadi, mesin yang di depan adalah ketika mobil itu pernah satu atau dua kali lewati genangan air. Lukanya tidak kelihatan. Genangan air ini cukup jahat karena tidak semua mobil prepare,” ujar Rifat saat memberikan tips lewat virtual bersama Mitsubishi (15/12).

Dirinya memberikan contoh ada mobil yang ecu-nya terletak di bawah lantai, dan ada juga mobil yang air intake di bawah bemper. Selama mobil ini berjalan tentunya banyak komponen yang hasilkan panas.

“Kemarin ada kasus, kendaraan baru terbakar, karena power steering putus dan minyaknya kena heater. Banyak penyebabnya terbakar mobil,” ujarnya.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads