alexametrics

Korlantas Polri Antisipasi Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru

Siapkan Sistem Contraflow
15 Desember 2018, 10:23:06 WIB

JawaPos.com – Tahun 2018 tinggal menghitung hari. Banyak masyarakat memanfaatkan momen ini untuk berlibur. Apalagi ada dua perayaan besar yang berdekatan yakni Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Diperkirakan, liburan akhir tahun ini, lalu lintas ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur mengalami kemacetan karena banyaknya penduduk Ibu Kota yang mengambil cuti atau libur untuk menghabiskan akhir tahun dengan keluarga tercinta di kampung halaman.

Terkait dengan hal itu, Kepolisian Republik Indonesia telah mengambil langkah antisipasi untuk menangani masalah kemacetan.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si. mengatakan berbagai persiapan untuk mengatasi kemacetan sudah dilakukan pihak.

Sampai saat ini, semua instansi terkait pengamanan libur Natal dan Tahun Baru akan mulai beertugas pada (21/12/2018) hingga (1/1/2019). “Kita sudah melaksanakan rapat di Mabes Polri dan melibatkan semua instansi, Dir Lantas hingga Dir Sabhara se-Indonesia,” kata Refdi Andri, melalui keterangan resminya pada JawaPos.com, Jumat (14/12)

Jendral Bintang Dua itu juga mengatakan operasi lalu lintas akan difokuskan pada sejumlah titik yang saat ini menjadi sumber kemacetan. Misalnya, kawasan Bekasi hingga gerbang tol Cikarang karena sedang ada berbagai pembangunan.

“Kepadatan yang utama memang di jalur Cikampek, karena di sana sedang ada tiga pekerjaan. Tol bertingkat, kereta api cepat dan LRT,” tambah Andri.

Perwira Tinggi Polri itu menjelaskan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan nyaman. Rekayasa lalu lintas yang dilakukan berupa sistem contraflow, bukan one way seperti yang dilakukan saat Operasi Ketupat Lebaran 2018 silam.

“Hal itu sangat mungkin kita lakukan contraflow. Kalau kemarin saat Operasi Ketupat kita lakukan one way, tetapi sepertinya one way tidak memungkinkan. Hanya contraflow saja pada ruas tertentu yang sangat mungkin kita lakukan,” tukasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (wzk/JPC)



Close Ads
Korlantas Polri  Antisipasi Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru