alexametrics

Mobil Tangguh Mercedes Benz G-Class Siapkan Varian Bertenaga Listrik

15 November 2019, 11:16:41 WIB

JawaPos.com – Selain imej mewah, Mercedes Benz memiliki satu model mobil yang dikenal sangat tangguh yakni G-Class. Ketangguhan mobil tersebut bersaing dengan model-model sejenis dari kompetitor seperti Toyota Land Cruiser dan Land Rover Defender.

Soal Mercedes Benz G-Class, mobil tersebut kini menjelma menjadi salah satu model mobil paling mahal yang dimiliki perusahaan. Bentuknya sejak dulu tak berubah: kotak, tinggi, dan besar khas G-Class yang melegenda.

Evolusi ketangguhan G-Class tampaknya akan terus berlanjut. Sebagaimana dikutip JawaPos.com dari Motor1, Kamis (14/11), Mercedes Benz G-Class disebut akan menjelma menjadi mobil listrik. Ya, Mercedes Benz berencana untuk membuat mobil G-Class yang dikenal boros bensin untuk lebih ramah lingkungan dengan tenaga penggerak listrik.

Kepala Transformasi Digital Daimler (induk perusahaan Mercedes Benz) Sascha Pallenberg, mencuit di Twitter untuk membagikan pengumuman penting yang dibuat oleh bosnya, CEO Daimler, Ola Kallenius. Singkat cerita, ikon G akan menelurkan versi sepenuhnya listrik.

Pengungkapan yang agak mengejutkan dibuat di Automobilwoche Kongress di Berlin, Jerman. Ola mengakui bahwa Mercedes telah berdiskusi tentang kemungkinan menghapuskan G-Class, tetapi dia memiliki pendapat yang berlawanan.

G-Class sudah menjadi salah satu model termahal di jajaran Mercedes dan belum tahu apakah turunan EV akan lebih mahal. Kemungkinan Mercedes Benz G-Class listrik akan dijual di bawah bendera ‘EQ’ untuk mengikuti crossover EQC dan kendaraan nol emisi lainnya yang sedang dipersiapkan oleh merek Jerman untuk dekade berikutnya.

Soal Mercedes Benz G-Class listrik sendiri sebelumnya sudah ada. Namun, itu bukan secara resmi produk yang dirilis perusahaan. Mobil tersebut adalah mobil modifikasi.

Sebuah G-Class listrik sebelumnya sudah dibuat oleh Austria Kreisel Electric yang dikatakan telah mengalahkan Mercedes secara resmi ke tingkatan kendaraan listrik. Sementara Mercedes Benz belum pernah membuat kendaraan listrik, perusahaan tersebut justru sudah membuat mobil listrik yang berbasis dari mobil Mercedes Benz.

Kreisel Electric telah menyajikan konversi listrik dari Hummer H1 dan G-Class. Yang terakhir mengemas 483 tenaga kuda dan melakukan sprint 0 hingga 62 mph (100 km/jam) dalam 5,6 detik sebelum mencapai 114 mph (183 km/jam). Paket baterai ganda dengan kapasitas gabungan 80-kWh dipasang dengan dukungan pengisian 150-kW dan j/campuran yang cukup untuk jangkauan 186 mil (300 kilometer).

Tidak jelas kapan G-Class elektrik milik Mercedes Benz secara resmi akan diluncurkan. Tetapi, kabar tersebut tampaknya merupakan angin segar bagi para pencinta G-Class mengingat nasib kendaraan favorit mereka di masa depan telah dipastikan bakal tetap dipertahankan. Tentunya dengan evolusi mesin listrik.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads