alexametrics

Harga Hyundai Stargazer Bikin Dag Dig Dug Toyota Veloz

15 Mei 2022, 07:48:42 WIB

JawaPos.com – Belakangan ini Hyundai Stargazer menjadi pembicaraan hangat dikalangan pencinta otomotif Tanah Air. Sinyal lampu hijau mobil yang bermain di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) tak lama lagi akan meluncur.

Seperti diberitakan sebelumnya Hyundai Stargazer sudah ada dalam daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Stargazer yang dapat di lihat pada situs web Samsat DKI Jakarta.

Segmen MPV memang sangat “gurih” dan mendapat porsi cukup besar di Indonesia, sangat wajar bila strategi pabrikan Korea Selatan ini masuk dalam ceruk ini. Dominasi merek Jepang yang sudah lama menguasai pasar MPV bisa jadi akan tergeser dengan kemunculan Stargazer.

Kemunculan Hyundai Stargazer nantinya akan menantang dominasi Toyota Avanza atau mobil sejuta umat dan Mitsubishi Xpander. Apalagi Hyundai memberikan desain baru di segmen MPV yang belum ada sebelumnya.

Bisa dimungkinkan bila Toyota Avanza nantinya akan ditinggalkan konsumen, apalagi varian paling tingginya sudah memisahkan diri dari lini Avanza yaitu Veloz. Chief Operating Officer Hyundai Mobil Indonesia (HMID) Makmur ketika dikonformasi terkait Hyundai Stargazer masih menutup rapat alias enggan memberikan bocoran informasi.

Makmur hanya mengungkapkan kalau Hyundai akan segera merilis untuk menstimulasi pasar MPV dalam negeri. “Tunggu saja ya, sabar nanti pasti kita umumkan. Tunggu ya,” ujar Makmur kepada JawaPos.com saat acara Halal bi Halal dikawasan Jakarta Selatan, (13/5).

Berbicara spesifikasi mesin yang akan digunakan Stargazer, rumor yang beredar pihak Hyundai akan membenamkan mesin 1.500 cc yang digunakan model SUV Creta. Seperti diketahui Hyundai Creta mampu menggelontorkan tenaga 115 PS dan torsi 143,8 Nm.

Ada dua pilihan transmisi yaitu manual 6-percepatan dan Intelligent Variable Transmission (IVT). Melihat desainnya Hyundai Stargazer bisa dikatakan adik dari Staria dengan dimensi lebih kecil.

Bila bicara harga yang tertera pada NJKB Hyundai Stargazer mencantumkan harga mulai Rp 155 juta hingga Rp 202 juta. Namun harga NJKB bukan harga jual untuk pasar, karena belum termasuk biaya lain yang dikenakan pada mobil baru.

Maka harga NJKB merupakan harga dasar dan bila nanti sudah meluncur maka harganya akan ada selish lebih tinggi. Berikut daftar harga Hyundai Stargazer yang terdaftar di NJKB:

  • Hyundai Stargazer Active 1.5 4×2 M/T – Rp 155.000.000
  • Hyundai Stargazer Active 1.5 4×2 A/T – Rp 164.000.000
  • Hyundai Stargazer Trend 1.5 4×2 M/T – Rp 167.000.000
  • Hyundai Stargazer Trend 1.5 4×2 A/T – Rp 176.000.000
  • Hyundai Stargazer Style 1.5 4×2 A/T – Rp 189.000.000
  • Hyundai Stargazer Prime 1.5 4×2 A/T – Rp 202.000.000.

Apabila melihat daftar harga Toyota Veloz, saat ini mobil sejuta umat itu diniagakan dengan harga Rp 286 juta hingga Rp 331,1 juta. Sementara Mitsubishi Xpander harganya mulai Rp 253,4 juta hingga Rp 307,1 juta.

Bisa jadi Hyundai Stargazer varian Prime (paling tinggi) harganya masih lebih murah dibanding Toyota Veloz yang merupakan versi tertinggi dari Avanza. Apalagi kepercayaan konsumen terhadap merek Hyundai mulai tumbuh subur, terbukti dengan larisnya Creta dan Ioniq 5.

Bahkan bila bicara layanan after sales, Hyundai sudah banyak tersebar di Indonesia. Strategi Hyundai memang harus diwaspadai yang nantinya akan membuat merek Jepang terganggu, khususnya Toyota. Pastinya Hyundai sudah memperhitungkan untuk bermain di segmen ini.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads