alexametrics

Pasar Otomotif Lesu, GIIAS 2019 Siap Dongkrak Penjualan

15 Mei 2019, 03:33:04 WIB

JawaPos.com – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan hadir pada 18-28 Juli mendatang. Lokasinya di Internasional Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan. Acara tersebut masuk dalam rangkaian GIIAS The Series yang sebelumnya sudah dihelat di Surabaya, Jawa Timur.

GIIAS 2019 mengusung tema Future in Motion yang diartikan sebagai sebuah gerakan pengaruh teknologi pada kendaraan listrik, otonom, dan digital. GIIAS 2019 akan menampilkan transformasi teknologi pada industri otomotif melalui beragam program sepanjang penyelenggaraan pameran.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menjelaskan, GIIAS The Series akan mendongkrak penjualan di tengah lesunya pasar otomotif Indonesia pada 2019 akibat tahun politik. “Agenda politik di Indonesia tahun ini sangat critical memengaruhi penurunan penjualan otomotif pada first half 2019. Dengan rangkaian GIIAS The Series dan dimajukannya GIIAS 2019 di ICE, BSD City, diharapkan dapat mendongkrak penjualan yang turun di awal tahun,” katanya saat jumpa pers persiapan GIIAS 2019 di Jakarta, Selasa (14/5).

Tidak sekadar penjualan, pihaknya lebih jauh mengatakan bahwa GIIAS 2019 akan menjadi ajang pamer teknologi otomotif dan edukasi bagi masyarakat di Indonesia. Sejalan dengan tema Future in Motion, GIIAS 2019 akan merepresentasikan teknologi otomotif terkini dari industri otomotif di tanah air.

Menurutnya, perkembangan industri otomotif global sedang dalam ‘kecepatan penuh’ dan Indonesia turut merasakannya. “Kendaraan hybrid, plug-in hybrid, electric hingga autonomous adalah masa depan otomotif yang mesti diantisipasi kehadirannya. Dengan GIIAS, Gaikindo ingin memberikan edukasi awal kepada masyarakat tentang berbagai inovasi dari industri otomotif dunia,” terang Yohannes.

Sayangnya, Gaikindo enggan menyebutkan target GIIAS 2019 yang menyangkut transaksi dan penjualan kendaraan. Namun begitu, Yohannes membeberkan, pada gelaran GIIAS 2018 tahun lalu, Gaikindo berhasil mencatat angka penjualan hingga Rp 7 triliun. Sementara untuk jumlah pengunjung, diperkirakan akan sama dengan tahun lalu pada kisaran 500 ribu orang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara GIIAS 2019 Rizwan Alamsjah menuturkan, GIIAS 2019 rencananya bakal diikuti 25 merek kendaraan komersial dan penumpang. Hingga hari ini tercatat ada merek Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Sementara untuk kendaraan komersialnya, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Truck tercacat ambil bagian dalam gelaran otomotif yang diklaim setara dengan pameran kelas dunia itu. Selain kendaraan roda empat atau lebih di kategori komersial dan penumpang, ada pula pabrikan roda dua sebanyak 11 merek. Mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Terakhir ada karoseri seperti Adi Putro, Laksana, dan Tentrem juga akan meramaikan GIIAS 2019.

Sebagai informasi, harga tiket GIIAS 2019 dikatakan tidak akan mengalami perubahan dibanding tahun lalu. Harga tiket dari GIIAS 2018 sendiri yakni sebesar Rp 100 ribu pada akhir pekan dan Rp 50 ribu untuk hari biasa.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads