alexametrics

DFSK Glory i-Auto, Mobil yang Bisa Ngomong Meluncur Bulan Depan

15 Maret 2020, 09:18:01 WIB

JawaPos.com – PT Sokonindo Automobile Agen Pemegang Merek mobil Dongfeng Sokon (DFSK) telah umumkan akan meluncurkan DFSK Glory i-Auto bulan depan. Prototype Glory I-Auto sebenarnya telah dipamerkan pada Juli 2019 bersamaan dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). Namun Glory i-Auto yang akan diluncurkan sudah mengalami penyempurnaan terutama dari sisi eksterior.

Mobil yang diproduksi di Cikande, Serang Banten ini mempunyai satu fitur yang menjadi andalan yaitu fitur perintah suara. Fitur ini memungkinkan pengemudi maupun penumpang mengontrol beberapa fitur di kabin tanpa menyentuh tombol apapun.

Ada 54 perintah suara yang bisa diterima oleh fitur ini dengan menggunakan bahasa Inggris agar bisa direspons. Namun jangan khawatir dengan masalah aksen orang Indonesia akan pengguanaan bahasa Inggris.

“Saat memamerkan prototype di GIIAS tahun lalu dan beberapa tempat kita telah mengambil sample dialog atau aksen ketika memberiak perintah dalam bahasa Inggris. Lagi pula bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris harian, jadi sekarang tak ada masalah,” ujar Arviane D. Bahar, PR & Digital Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK) kepada JawaPos.com.

Sementara 54 perintah yang bisa diproses kebanyakan untuk mengontrol bagian body electrical, seperti power window, volume audio, membuka panoramic sunroof dan lainnya. DFSK Glory I-Auto dibekali dengan mesin berkode SFG15T, dimana mesini ini sama yang digunakan Glory 580 dan Glory 560. Hanya saja transmisinya yang jauh berbeda dan pastinya ada improvement.

“Kami menggunakan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) generasi terbaru. Generasi yang berbeda sehingga akan ada rasa yang berbeda dengan transmisi CVT sebelumnya yang kami gunakan. Perbedaan dapat dirasakan mulai dari akselerasi, speed, dan lebih lembut,” kata Sugiartono, Technical Training dan Service Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK).

Sementara untuk eksterior DFSK Glory i-Auto mendapat beberapa penyegaran dibanding saat masih prototype. Pembaruannya meliputi gril, bumper, lampu depan, fender, kap mesin dan selebihnya tampilan masih sama seperti versi prototype. Dengan pembaruan desain eksterior bukan tanpa alasan, DFSK akan memposisikan Glory I-Auto merupakan varian paling tinggi di “keluarga” Glory dan bukan versi facelift dari Glory 580.

DFSK Glory i-Auto juga sudah menggunakan soft touch dasbor dan trim, pengaturan jok elektrik, sistem monitor ban (TPMS). Sementara untuk sisi keselamatan dan keamanan, DFSK Glory Glory i-Auto dibekali airbag depan dan samping, ABS dan ABD, EBA, Hill Start Assist.

Kehadiran Glory I-Auto milik DFSK ini nantinya akan berhadapan dengan Wuling Almaz dimana salah satu variannya juga mempunyai fitur yang mirip dari keseluruhan termasuk peritah suara. Saat ini Wuling Almaz dengan dibanderol Rp 318 juta. Sementara DFSK belum mau memberikan harga Glory i-Auto sebelum peluncurannya bulan depan.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini: