alexametrics

FIFGROUP Siapkan Dana Rp 40 T Untuk Pembiayaan Motor

15 Maret 2019, 16:29:01 WIB

JawaPos.com – Melihat masih terjaganya pasar motor di 2019 yang diproyeksikan tumbuh lebih dari 6,3 juta unit seperti pencapaian penjualan sepeda motor di 2019, maka FIFGROUP  akan menyiapkan pembiyaan Rp 40-41 triliun.

CEO FIFGROUP, Margono Tanu Wijaya mengungkapkan pertumbuhan dari catatan tahun 2018 pembiyaan untuk semua line bisnis di FIFGROUP masih didomonasi oleh kredit sepeda motor baru diikuti sepeda motor bekas, dan sisanya untuk pembiayaan elektoronik dan line bisnis lainnya.

“Tahun lalu pembiayaan kita mencapai 37 T. Sepeda motor baru masih mendominasi sekitar 65 persen, bekasnya 25 persen sisanya elektronik. Untuk motor baru rata-rata kostumer masih menggunakan kredit diangka 27 persen lainnnya separuhnya menggunakan pembayaran cash,” kata Margono usai Media Cick off  “Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019” di Menara Astra, Jakarta Pusat. Kamis (14/3).

Semua pembiayaan motor ini hanya dikhususkan untuk jenis-jenis sepeda motor dari Astra Honda Motor (AHM) sebagai partner dari FIFGRPOUP, yang membuat market share FIFGROUP terhadap pasar motor Honda mencapai 50 persen.

Pembiayaan sepeda motor Honda yang dilakukan oleh FIFGROUP tidak hanya fokus di Pulau Jawa tetapi mencakup seluruh Indonesia. Namun demikian ia mengakui bahwa pasar pembiayaan FIFGROUP hingga saat ini masih didominasi oleh market di Pulau Jawa yang memberikan kontribusi kurang lebih 60 persen diikuti pulau-pulau lain di Tanah Air.

“Kalau soal wilayah yang memberikan kontribusi pembiyaan terbesar untuk FIFGROUP masih di pulau Jawa sekitar 60 persen dan luar pulau Jawa sisanya. Ini karena pasar motor di Pulau Jawa relatif stabil. Sementara di luar Pulau Jawa biasanya mengikuti situasi komoditi pemdukung seperti Kelapa Sawit dan lainnya,” beber Margono.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

FIFGROUP Siapkan Dana Rp 40 T Untuk Pembiayaan Motor