alexametrics

Seri 3 Sumbang 50 Persen Penjualan BMW, Ini Keunggulan 320i Sport

14 Oktober 2019, 22:32:56 WIB

JawaPos.com – BMW Indonesia kembali meluncurkan varian kedua sang legenda sedan Seri 3 yaitu All New BMW 320i Sport. Peluncuran Seri 3 teranyar ini melengkapi kehadiran sedan Seri 3 sebelumnya yakni BMW 330i M Sport pada Agustus lalu.

Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’Tania menyampaikan, sedan BMW Seri 3 sudah terjual lebih dari 15 juta unit di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Sementara untuk Indonesia, BMW Seri 3 dikatakan menyumbang kontribusi 50 persen penjualan dari seluruh model sedan BMW lainnya dari Seri 7 dan Seri 5.

“Top variant kita ada di Seri 7. Sementara untuk Seri 3 sendiri menyumbang kontribusi sekitar 50 persen penjualan dari seluruh model sedan BMW (Seri 7, 5 dan 3),” ujarnya di sela peluncuran BMW 320i Sport terbaru di Jakarta, Senin (14/10).

Jodie bercerita, pada saat awal diluncurkan pada 1975 silam, BMW Seri 3 membawa gebrakan yakni terkenal elegan. Namun, oleh Seri 3 stigmanya diubah menjadi berkesan sport.

“Setelah diluncurkannya BMW 330i M Sport Agustus lalu, kendaraan sporty legendaris ini mendapatkan sambutan positif dari pelanggan dan penggemar brand BMW di Indonesia. Untuk itu, kami hadirkan lagi varian kedua yang telah ditunggu-tunggu yaitu All New BMW 320i Sport,” lanjutnya.

Bicara keunggulan, BMW 320i Sport terbaru ini dikatakan membawa tiga keunggulan utama. Adapun tiga keunggulan tersebut adalah Progressive Design, Unrivalled Sportiness dan Striking Innovations.

Bagian buritan All New BMW 320i Sport (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dimulai dari segi desain, BMW 320i Sport terbaru menampilkan karakter modern dan dinamis terbaru dengan garis-garis kuat dan permukaan berkontur yang sangat mencolok. Kendaraan ini 76 mm lebih panjang dari pendahulunya (4.709 mm), 16 mm lebih lebar (1.827 mm) dan hanya 1 mm lebih tinggi (1.442 mm).

Selain itu, jarak sumbu roda yang lebih panjang 41 mm (2.851 mm) dan peningkatan lebar kendaraan seperti bagian depan lebih lebar 43 mm, belakang 21 mm dari model sebelumnya. Dimensi tersebut dikatakan memberikan dampak positif secara langsung pada stabilitas dan ketangkasan kendaraan ini.

Kidney grill khas BMW di bagian depan juga kini hadir lebih besar dengan lampu-lampu depannya yang lebih tegas. Teknologi lampu BMW Laserlight hadir sebagai standar dimana teknologi ini sebelumnya hanya hadir di BMW Seri 7 dengan jangkauan cahaya hingga 530 meter.

Tampilan sisi dinamis diperkuat oleh sepasang garis karakter dan kontur side skirt yang dinamis. Tepi akhir dari grafik jendela samping dengan isyarat desain Hofmeister kink kini diintegrasikan ke dalam pilar C.

Garis-garis horizontal dan lampu LED yang ramping dan bergaya memberikan bagian bokong terkesan solid dan kekar. Secara keseluruhan tampilan samping kendaraan semakin sempurna dengan roda yang menggunakan desain 18 inci light alloy wheels V-Spoke style 780 dan sentuhan warna Orbit Grey Burnished.

BMW Seri 3 baru ini hadir dengan kabin luas, bersama dengan fokus kokpit pada pengemudi. Fitur pengontrol dikelompokkan ke dalam panel-panel yang terstruktur dengan jelas.

Interior All New BMW 320i Sport (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Tombol start atau stop mesin kini terletak di panel kontrol yang baru dan berada di konsol tengah, di mana tuas perpindahan gigi atau tuas pemilih yang juga baru dirancang bergabung dengan iDrive Controller dan tombol-tombol untuk unit Driving Experience Control.

Sementara untuk keunggulan Unrivalled Sportiness, hal tersebut ditunjukkan dengan area dapur pacu. BMW 320i Sport hadir dengan mesin 2.0 liter, empat-silinder yang disebut dapat menghasilkan output maksimum 184 hp dengan torsi puncak adalah 300 Nm.

Peningkatan output dan torsi tambahan dibandingkan dengan mesin pendahulunya adalah hasil dari optimalisasi system mesin BMW TwinPower Turbo terbaru yang terdiri dari twin-scroll turbocharger, High Precision Injection direct petrol injection, Valvetronic fully variable valve timing dan Double-Vanos variable camshaft timing.

Sistem injeksi dengan presisi tinggi memastikan supply bahan bakar terbaik dan pembakaran yang bersih, pompa bahan bakar yang baru menghasilkan tekanan maksimum 350 bar, versi sebelumnya 200 bar. Karakteristik lain dari mesin ini termasuk crankshaft yang lebih ringan yang mengurangi gesekan internal, manajemen pelepasan panas yang dioptimalkan dan sistem manajemen komputer mesin terbaru yang membuat seluruh proses dikalkulasi lebih cepat dan tepat.

Dengan kombinasi mesin tersebut, kecepatan dari 0 hingga 100 km per jam dapat dicapai dalam 7.1 detik saja. Hasil peningkatan efisiensi mobil ini disebut membawa konsumsi bahan bakar gabungan 15.9 km/l dan angka emisi CO2 144 g/km.

Mesin All New BMW 320i Sport (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Terakhir, untuk keunggulan berjuluk Striking Innovations, hal tersebut ditunjukkan dengan beberapa fitur dan teknologi terkini menunjang pengalaman mengemudi. All-New BMW Seri 3 menggunakan pilihan sistem bantuan inovatif yang disempurnakan untuk keselamatan pengendara dan menyambut trend kendaraan otonom.

Park Distance Control dan kamera tampak belakang membantu pengemudi melakukan manuver dan memasuki atau keluar dari tempat parkir. Proses parkir yang lebih mudah juga hadir dengan adanya Park Assist, yang mengambil alih kemudi, akselerasi, pengereman, dan perubahan gigi dengan transmisi Steptronic saat masuk dan keluar slot parkir pararel dan lateral.

Fitur andalan terbaru salah satunya adalah Reversing Assistant, dimana The All New BMW Seri 3 dapat mundur kembali ke posisi semula secara otomatis dengan jarak 50 m, dengan rute yang sama saat bergerak maju. Fitur ini berguna saat pengendara menghadapi rintangan di depan dan harus kembali dengan posisi mundur.

All New BMW 320i Sport akan tersedia di diler resmi BMW Indonesia dengan harga Rp 849 juta (Off the road). Setiap unit kendaraan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads