alexametrics

Japan’s Big Four Siap Jajal Baterai Motor Listrik yang Bisa Ditukar

14 September 2020, 12:26:08 WIB

JawaPos.com – Tahun lalu, beredar kabar bahwa empat raksasa produsen sepeda motor Jepang alias Japan’s Big Four yakni Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki sedang membentuk konsorsium untuk mengerjakan teknologi baterai yang dapat ditukar untuk kendaraan roda dua listrik. Sejauh ini, sangat tenang, tetapi mulai bulan ini, mulai terlihat beberapa pergerakan maju yang menggembirakan dari keempat merek yang notabene saling berkompetisi itu.

Keempat perusahaan tersebut kini dilaporkan sedang menjalankan uji demonstrasi skala besar atas proyek konsorsium tersebut. Dalam kerja sama itu, keempat raksasa otomotif roda dua Jepang itu bekerja sama dengan Prefektur Osaka dan Universitas Osaka, dan akan dimulai sekitar bulan September 2020.

Mereka menyebutnya “e-Yan Osaka,” dan akan menyediakan kendaraan roda dua listrik untuk mahasiswa dan staf di Universitas untuk ditunggangi. Sepeda motor listrik itu nantinya akan digunakan dalam kegiatan sehari-hari para staf dan mahasiswa.

Mereka juga akan menyiapkan stasiun pengisian daya dan memantau seberapa baik segala sesuatu yang saling bekerja sama, serta masalah apa pun yang perlu ditangani. Sementara penggemar berat kendaraan roda dua listrik dari Honda yakni PCX Listrik yang sudah dikembangkan, tidak jelas apakah ini akan berpengaruh pada pekerjaan konsorsium sebagai unit, menurut Young Machine.

Grup ini ingin menganalisis kenyamanan, kegunaan, dan bagaimana spesifikasi umum bersama dapat berfungsi di dunia nyata. Pertanyaan tentang kendaraan roda dua apa yang akan terlibat adalah pertanyaan yang menarik.

Honda, Yamaha, dan Suzuki tampaknya telah membawa skuter listrik mereka masing-masing ke “pesta” tersebut. Sementara untuk Kawasaki, dilaporkan juga mereka mulai bergerak maju untuk sepeda motor listrik konsep bernama Concept J. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads