Unik, Asuka Tawarkan Inovasi Headunit Mampu Bunuh Virus di Kabin Mobil

14 Agustus 2022, 23:38:17 WIB

JawaPos.com – Konsentrasi karbondioksida (CO2) yang berlebihan dalam kabin kendaraan dianggap dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan pengemudi serta penumpang. Belum lagi udara yang terdapat di dalam kabin yang terbawa dari polusi, berpotensi mengandung virus dan kuman.

Mengacu kepada dua masalah di atas, brand headunit aftermarket Asuka Car TV mengenalkan salah satu inovasi yang cukup unik di pagelaran GIIAS 2022, Minggu (14/8). Yakni, merilis head unit yang dapat mendeteksi indeks CO2 dan kualitas udara dalam kabin.

Tak hanya mendeteksi, head unit canggih dengan tipe produk ACK-509/510 MAX itu sanggup membersihkan udara hingga partikel PM2.5 termasuk membunuh virus.

“Beberapa pabrikan kendaraan Jerman premium saat ini sudah mulai menggunakan CO2 Sensor demi keselamatan penumpang di dalam mobil,” ujar Direktur PT Intersis Sejahtera Abadi Albert Lim.

Tipe ACK-509 MAX memiliki ukuran layar 9,4 inch dan tipe ACK-510 MAX mempunyai ukuran layar 10,4 inch. ACK-509/510Max menjadi satu-satunya head unit yang mengintegrasikan alat CO2 Sensor yaitu CO2-100 untuk mendeteksi udara CO2 di dalam kabin mobil dan Air Purifier AP-100 sebagai sarana untuk memperbaiki kondisi udara di dalam kabin.

”Dan lebih lagi headunit Android ini sekaligus memiliki layar QLED beresolusi 2K,” tambah Albert Lim.

Tak cukup di situ, Asuka juga membawa satu lagi inovasi yang cukup menarik di market head unit melalui Smart Android Interface Box S-302+. Perangkat tersebut mampu mengubah head unit bawaan menjadi sistem berbasis android.

Brand Manager Asuka Car TV TJ Darmawan menjelaskan bahwa beberapa tahun belakang, tren fitur terbaru head unit saat ini merambah industri aftermarket. Terutama fitur head unit dengan support Carplay, kini jadi fitur standar di mobil seperti BMW, Tesla, Hyundai, Volvo, Porsche, VW, Benz dan mobil high end lainnya bahkan mobil terbaru saat ini sudah memiliki fitur Carplay.

”Sayangnya, head unit tersebut belum bisa mendukung sistem berbasis Android. Padahal tanpa adanya sistem yang didukung Android, akan terasa kurang pas, karena masih banyak yang merasa tidak puas menikmati hiburan kala perjalanan yang membosankan,” ujarnya.

Dengan perangkat tersebut, konsumen bisa merasakan pengalaman streaming tanpa batas dengan jaringan yang kuat. Sistem operasi berbasis Android 10 dan untuk mendukung performanya, S-302+ dilengkapi dengan built in CPU ARM Cortex -A72 x 2, A53x4.

Beragam fitur sudah tersematkan, mulai dari Youtube, Disney Hotstar, Netflix, Maps, hingga terintegrasi langsung dengan DTV, DVR, dan AVM. Salah satu andalan S-302+ adalah Bluetooth 5.0 dengan kecepatan transfer paling maksimal dibandingkan versi sebelumnya.

”Cukup dengan Smart Android Interface box S-302+ dari asuka, Konsumen dapat menghadirkan fitur android di dalam mobil. Pastikan terlebih dahulu terdapat fitur Apple Car Play di dalam mobil, maka S-302+ ini dapat tersambung di mobil konsumen menggunakan kabel USB,” pungkas TJ Darmawan.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Reporter : Agfi

Saksikan video menarik berikut ini: