alexametrics

Pulang Mudik, Komponen Mobil Bagian Ini Wajib Dicek

14 Mei 2022, 09:58:09 WIB

JawaPos.com – Setelah mudik merayakan Lebaran di kampung halaman dan berwisata, pemilik kendaraan disarankan melakukan pemeriksaan mobil secara keseluruhan. Pemeriksaan mobil pasca perjalanan jauh tentu akan berbeda dengan pemeriksaan mobil yang digunakan sehari-hari.

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa agar mobil dapat kembali digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Pemeriksaan dapat dilakukan secara mandiri atau datang ke bengkel-bengkel resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut Christiana Yuwantie, Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), khusus untuk kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jauh, pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kondisi mobil agar kinerjanya tetap optimal. “Salah satu komponen yang perlu diperiksa adalah kondisi suku cadang,” ujarnya melalui keterangan resminya.

Kondisi suku cadang yang penting untuk diperiksa yaitu:

Filter Oli dan Oli Mesin

Pengendara harus memperhatikan jadwal rutin pengecekan oli mesin dan filter oli. Oli mesin menjadi salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan karena berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin agar bekerja secara optimal sekaligus mencegah gesekan antar komponen.

Sedangkan filter oli berfungsi menyaring karbon dan kotoran hasil gesekan mesin sebelum oli mesin disebar ke seluruh bagian. Penggantian oli mesin dan filter oli dianjurkan dilakukan pada 1.000 kilometer pertama, dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin setiap 10.000 kilometer. Lihat kekentalan oli melalui stik oli untuk meyakinkan kondisi oli mesin.

Busi

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads