alexametrics

Di JAW 2022, Pabrikan Mobil Premium Makin Dorong Kendaraan Listrik

14 Maret 2022, 19:33:06 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 13 merek kendaraan roda empat melantai di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) mulai Sabtu (12/3) lalu. Acara itu berlangsung pada 12–20 Maret. Event tersebut dimaksimalkan para agen pemegang merek (APM) untuk menggairahkan pasar di kuartal pertama 2022. Event juga dimaksimalkan brand untuk mendorong penetrasi mobil listrik.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, fokus utama dari digelarnya GJAW 2022 adalah untuk menstimulasi penjualan mobil di tahun ini. ”Kita perlu sadar diri dan pelan-pelan mulai bangkit berdiri tanpa support pemerintah. Salah satu caranya adalah kita melakukan pameran,” ujar Nangoi.

Ketua Umum III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GJAW 2022 Rizwan Alamsyah menargetkan 180.000 pengunjung hingga akhir pameran GJAW 2022. Atau 24.000 orang per hari. Untuk transaksi, pihaknya tidak membeberkan target detailnya.

Upaya menggairahkan pasar dan menunjukkan optimisme, APM pun meluncurkan produk baru ke pasar. Salah satunya Lexus yang mengeluarkan dua mobil anyar baru berbasis listrik di GJAW, yaitu The All New Lexus NX 350h F Sport dan The All New NX 350h Luxury. Selain itu, pabrikan mobil premium asal Jepang tersebut memperkenalkan All New Lexus NX 450h+ PHEV.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengutarakan berbagai pertimbangan di balik gencarnya kehadiran kendaraan listrik dari segmen premium melalui Lexus. ”Karena segmen yang sudah siap dan tersedia bisa dibilang premium dulu. Penggunanya masih banyak di premium untuk saat ini,” ujar Anton.

Dia mencontohkan varian Lexus UX300e yang meluncur belum lama ini dan diterima cukup baik oleh market. ”Setiap bulan mungkin 1–2 unit bisa kita jual,” tambahnya.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma menjelaskan bahwa Lexus telah menjadi pionir untuk teknologi hybrid dan terus menyempurnakannya. Bahkan, saat ini perusahaan sudah memiliki teknologi untuk kendaraan hybrid, plug-in hybrid, dan battery.

”Rencana pengembangan teknologi elektrifikasi perusahaan dalam menciptakan produk yang ramah lingkungan merupakan bentuk komitmen visi elektrifikasi kami. Hal ini dapat terwujud dengan kolaborasi bersama mitra serta kerja sama dengan pemerintah, dengan tujuan untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan kehidupan di masa depan yang lebih baik,” tutur Bansar.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (AGF/C6/DIO)

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads