alexametrics

Ini Alasan Mobil Toyota C-HR Hybrid Laris di Indonesia

13 Desember 2019, 14:40:32 WIB

JawaPos.com –  Di Indonesia merek Toyota paling banyak mempunyai jajaran mobil hybrid yang resmi dipasarkan. Memang, jenis mobil ini tak semudah menjual mobil konvensional. Ada beberapa hal yang memang masih menjadi persoalan yang ada di masyarakat.

Selain harga yang dianggap masih mahal oleh masyarakat, juga sosialisasi produk dan cara penggunaan yang masih kurang diketahui oleh konsumen. Namun meskipun ini menjadi kendala, Toyota terus melakukan penjualan sambil menyelaraskan strategi.

Buktinya di kwartal ketiga tahun 2019 Toyota mengalami peningkatan. Tak dipungkiri Toyota memang dikenal fasih menghadirkan mobil hybrid, dan kualitasnya sudah teruji di pasaran.

Seperti diketahui ada beberapa model mobil hybrid yang dijual di Indonesia. Diantaranya C-HR 1.8 A/T Hybrid, All New Camry 2.5 Hybrid Mi, Crown 2.5 Hybrid, All New Corolla Altis 1.8 Hybrid, dan Alphard 2.5 Hybrid AT.

Dari model mobil hybrid Toyota, sampai Oktober 2019, penjualan wholesales membukukan angka sekitar 576 unit. Dari catatan data pengiriman ke diler, versi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota C-HR 1.8 A/T Hybrid paling banyak sekitar 302 unit selama Januari hingga Oktober 2019. Rata-rata penjualan per bulan 25 hingga 71 unit.

“Rata-rata sekitar 40 unit per bulannya total penjualan C-HR (varian hybrid dan konvensional), komposisinya 70% dipegang varian hybrid paling banyak,” kata Anton Jimmy, Kamis (12/12) di sela acara Toyota Year End Journalist Gathering 2019.

Catatan angka ini menjadikan hybrid mobil paling laris tak hanya di Toyota tapi juga di Indonesia. Sedangkan kontribusinya mencapai 52,43 persen dari total penjualan hybrid Toyota sepanjang 2019.

Berbeda dengan tahun lalu, mobil hybrid Toyota paling laris adalah All New Camry 2.5 Hybrid sebanyak 24 unit, dan Alphard Hybrid 5 unit. Setelah muncul C-HR Hybrid catatan angka penjualan mobil hybrid Toyota berubah.

Menurut Anton, C-HR Hybrid yang masuk dalam mobil SUV kompak tersebut memang menarik dari segi model dan harga tak salah kalau lebih laku karena terjangkau dari segi harga.

Desain yang yang kekinian dengan jamannya dan menawarkan fitur ramah lingkungan, mobil hybrid ketiga Toyota ini mampu memikat konsumen. SUV kompak atau crossover saat ini memang sedang naik daun dengan segmentasi pasar kalangan generasi muda.

C-HR Hybrid dibanderol mulai dari Rp 523 juta untuk tipe HV Single Tone. Sedangkan varian tipe HV Dual Tone dibanderol Rp 524 juta untuk . Harga tersebut hanya berbeda Rp 30 jutaan saja dari varian non-hybrid-nya.

Editor : Eko Putra


Close Ads