alexametrics

Kendaraan MPV dan SUV Jadi Segmen Favorit yang Ditunggu Konsumen

Pasar Gemuk Dimeriahkan Pendatang Baru
13 November 2021, 13:31:28 WIB

JawaPos.com – Menuju akhir tahun, pasar otomotif Indonesia penuh kejutan. Secara beruntun, pabrikan merilis produk-produk terbarunya. Segmen LMPV dan LSUV pun menjadi bintang, karena banyaknya produk baru yang mengisi kelas tersebut. Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 menjadi momentum para agen pemegang merek untuk menampilkan produk-produk andalan.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memamerkan dua varian baru, yakni Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross. Marketing Director MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan bahwa Xpander mengawali debut world premiere di GIIAS 2017 lalu. Mobil itu mendapat respons positif dari masyarakat dan menjadi game changer small multi purpose vehicle (MPV).

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah penjualan Xpander dari September 2017 sampai September 2021 mencapai lebih dari 200.000 unit. Mobil tujuh penumpang itu menjadi kompetitor sengit Toyota Avanza yang hadir sejak 2004. Xpander bahkan sempat beberapa kali menjadi mobil paling laris di Indonesia menyalip perolehan Avanza. Total populasi Xpander di Indonesia dari kali pertama lahir pada 2017 sampai September 2021 sebanyak 215.269 unit.

”Model Xpander dikembangkan melalui riset mendalam, diproduksi, dan diluncurkan dalam debut global pada tahun 2017 di Indonesia. Xpander telah mendapatkan penerimaan positif dari konsumen Indonesia,” ujar Irwan.

Kehadiran Xpander langsung dijawab oleh peluncuran All New Avanza pada Rabu (10/11). Sang ”saudara”, Daihatsu All New Xenia, menyusul diluncurkan berbarengan dengan opening GIIAS 2021 pada Kamis (11/11).

Xenia terbaru itu hadir dengan wujud yang berubah total dari sebelumnya. Daihatsu meluncurkannya dengan dua varian mesin. Yakni, 1.500 cc dan 1.300 cc. ”Kami memperkenalkan generasi terbaru dari Xenia. Mobil sudah menggunakan platform terbaru, yaitu DNGA. Selain itu, All New Xenia menggunakan penggerak roda depan, dua pilihan mesin, dan tersedia dalam transmisi CVT,” ujar President Director PT Astra Daihatsu Motor Toshinori Edamoto.

Tak mau kalah, LMPV andalan Suzuki, Ertiga, ikut bersolek di ajang GIIAS 2021.

Pasar SUV tak kalah memanas. Khusus segmen LSUV dan Compact SUV tengah diramaikan dengan kedatangan produk baru. Pertama adalah All New Honda BR-V. Kemudian, ke pabrikan Korea Selatan, PT Hyundai Motors Indonesia memperkenalkan Creta di ajang GIIAS 2021.

Yang membuatnya spesial, Hyundai Creta bakal diproduksi pabrik Hyundai di Karawang, Indonesia. Artinya, mobil itu adalah murni mobil pertama buatan Hyundai Indonesia yang keluar dari pabrik tersebut. ”Hyundai Creta buatan Indonesia untuk Indonesia tentunya akan memberikan pengalaman berkendara yang baru bagi pelanggan kami,” ujar President Director PT Hyundai Motors Indonesia Sung Jong Ha.

Penjualan LMPV Terlaris di Indonesia
(Wholesales Januari–September 2021)

Produk | Penjualan
Toyota Avanza | 7.351 unit
Mitsubishi Xpander | 2.613 unit
Daihatsu Xenia | 1.118 unit
Suzuki Ertiga | 963 unit
Wuling Confero | 614 unit
Nissan Livina | 371 unit
Total | 13.210 unit

Sumber: Gaikindo

Editor : Edy Pramana

Reporter : (agf/c17/dio)

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads