alexametrics

Yamaha Rilis Electric Road Bike Baru, Civante Namanya

13 Juli 2020, 11:52:39 WIB

JawaPos.com – Yamaha, merek Jepang yang dikenal dunia lewat produksi alat-alat musik dan sepeda motor, sudah merilis sepeda listrik (e-bike) di beberapa pasar selama kurang dari dua tahun terakhir. Kini, mereka merilis e-bike teranyar bernama Civante.

Civante adalah e-bike Yamaha Kelas 3 pertama yang ditawarkan di Amerika Serikat (AS). Sepeda ini hanya memiliki pedal-bantu tanpa throttle dengan kecepatan maksimum 28 mil per jam atau berkisar 40 km per jam. Seperti bisa dilihat pada gambar, Civante mengusung konsep dan bentuk ala road bike atau sepeda jalan raya dengan gaya touring.

Dengan konsep tersebut, e-bike ini hadir dengan setang drop-bar dan desain bingkai high-step. Meski demikian, Yamaha mengklaim sepeda listriknya ini masih relevan untuk digunakan para pengendara sepeda yang sudah berumur.

Dilansir dari TheVerge, Senin (13/7), Yamaha membanderol sepeda listriknya itu dengan harga USD 3.399 atau setara dengan Rp 49,1 jutaan. Harga tersebut mungkin menempatkan sepeda listrik ini sedikit di luar jangkauan untuk konsumen rata-rata.

Soal spesifikasi, sepeda listrik Yamaha ini membawa motor penggerak tengah PWSeries SE milik Yamaha. Motor listrik tersebut menyuplai daya maksimum 70 Nm hingga 110 rpm.

Baterai lithium-ion 500 W menenagai sepeda listrik ini dan dapat diisi ulang dari nol hingga 80 persen hanya dalam satu jam. Di sisi transmisi, e-bike Civante hadir dengan drivetrain 10-kecepatan, rantai ganda, shifter Shimano STI, dan rem cakram hidrolik.

Yang terbaik dari semuanya, Civante hanya berbobot 19 kilogram saja yang mana ini merupakan bobot yang cukup relevan untuk E-Bike. Sebagaimana diketahui, e-bike yang berat dapat menjadi kendala bagi banyak orang, terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar untuk kebutuhan mobilitas mikro.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads