alexametrics

Isuzu Telah Siap Terapkan Regulasi Euro 4 pada Tahun Depan

12 November 2021, 21:14:08 WIB

JawaPos.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) siap dalam penerapan regulasi Euro 4 pada kendaraan bermesin diesel mulai April 2022 mendatang. Hal tersebut tercermin dari kesiapan produk kendaraannya.

Regulasi tersebut tertuang dalam surat yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020 tertanggal 20 Mei 2020. Nantinya semua produsen otomotif yang merakit kendaraan niaga bermesin diesel akan mulai melakukan produksi pada 7 April 2022.

“Jadi kita siap menyambut Euro 4 tahun depan. Kesiapan kita tidak hanya pada produk kendaraannya tapi juga kesiapan layanan purna jualnya juga, serta jaringannya,” kata Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) Tonton Eko di ICE BSD, Jumat (12/11).

Tonton mengungkapkan, pihaknya telah memiliki 145 bengkel Isuzu Berjalan (BIB) untuk mendukung aktivitas servis dan ketersediaan spare parts di seluruh Indonesia. Selain itu juga memiliki 2.403 parts shop di seluruh Indonesia, juga 73 bengkel mitra Isuzu yakni bengkel umum yang telah dibina dengan standar kualitas layanan Isuzu.

Menurutnya, pihaknya telah mengantisipasi pemberlakuan Euro 4 dengan merilis Isuzu Giga bermesin commonrail sejak 2011. Kemudian, memasuki 2018 Isuzu kembali merilis truk Isuzu Elf NMR 81 yang juga sudah menggunakan mesin commonrail. Selanjutnya pada 2019 juga telah melakukan ekspor perdana Isuzu Traga ke Filipina yang sudah menggunakan mesin dengan standar Euro 4.

Tonton juga menyebut, pihaknya tetap berkomitmen mempertahankan DNA Isuzu yang hemat bahan bakar sehingga dari segi biaya penggunaan dapat ditekan saat regulasi Euro 4 nanti mulai diberlakukan.

Dia menambahkan, Isuzu juga telah melakukan tes performa yang menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar Euro 4. Hasilnya pun membuktikan lebih irit dibandingkan unit Isuzu bermesin Euro 2.

“Kami mengerti kekhawatiran para pengusaha truk, driver, maupun mekanik, namun sebagai partner sejati, kami siap mendampingi Anda untuk setiap langkah dalam perjalanan bisnis customer menuju sukses,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads