alexametrics

GIIAS Makassar 2019 Dibuka, Ajang Pamer Teknologi Otomotif Teranyar

12 September 2019, 22:02:53 WIB

JawaPos.com – Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Makassar resmi dibuka pada Kamis (12/9). Hajatan tersebut digelar di Celebes Convention Centre. Seperti halnya yang digelar di Jakarta, tepatnya di ICE BSD, Tangerang, GIIAS Makassar 2019 menghadirkan beragam produk kendaraan terbaru serta teknologi terkini dari industri otomotif.

Pembukaan GIIAS Makkasar 2019 dihadiri dan dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. Kemudian dua perwakilan kementerian negara, Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi Dan Elektronika (ILMATE) yang mewakili Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat yang mewakili Kementerian Perhubungan. Ajang GIIAS 2019 di Makassar berlangsung selama lima hari ke depan.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menyatakan keyakinan bahwa industri otomotif Indonesia masih akan terus tumbuh dan Sulsel akan menjadi kontributor yang signifikan terhadap pertumbuhan otomotif. Dia berharap penyelenggaraan GIIAS Makassar 2019 dapat menjadi salah satu langkah pendorong,

“Kami berharap GIIAS Makassar 2019 dapat menjadi sebuah ajang yang turut mendorong dan membesarkan industri otomotif Indonesia di kuartal kedua tahun 2019 ini yang kami lihat semakin positif,” ujar Nangoi seperti dilansir Fajar (Jawa Pos Group).

Sementara itu, Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Harjanto, menyampaikan industri otomotif nasional saat ini telah berkembang dengan baik dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian nasional. Tentunya melalui peningkatan ekspor, investasi, dan penyerapan tenaga kerja.

“Kami berharap penyelenggaran GIIAS the Series di Makassar dapat menjadi wadah edukasi bagi masyarakat terkait perkembangan teknologi kendaraan bermotor yang ramah lingkungan, mengingat GIIAS telah menjadi ajang yang paling tepat bagi Agen Pemegang Merek (APM) industri otomotif Indonesia untuk meluncurkan dan memperkenalkan kendaraan serta teknologi terkininya,” ujarnya.

Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulsel mengatakan bahwa penyelenggaraan GIIAS Makassar 2019 memberikan inspirasi. “Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada GAIKINDO atas terselenggaranya pameran otomotif, yang saya kira (waktunya) tepat sekali, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan sedang meningkat diatas 7% dan inflasi turun menyebabkan daya beli masyarakat cukup tinggi,” kata Nurdin.

Dia menambahkan bahwa Sulsel semakin mengerucut sebagai pintu gerbang Indonesia Timur yang terus berbenah ke arah lebih baik, dengan tingkat pertumbuhan kawasan industri yang terintegrasi di Indonesia Timur. Penyelenggaraan pameran ini ditegaskan oleh Nurdin dapat menjadi ajang inspirasi bagi masyarakat Sulsel.

“Pameran GIIAS Makassar 2019 akan menjadi ajang bagi masyarakat untuk bisa melihat banyak pilihan kendaraan yang akan digunakan dengan teknologi baru ramah lingkungan” tegasnya.

Dalam sambutannya, Nangoi mengungkapkan bahwa GAIKINDO mengharapkan masyarakat Makassar khususnya untuk terus memberikan dukungannya terhadap pertumbuhan industri otomotif Indonesia. “Menjadi sebuah kebanggaan bagi kami menghadirkan produk dan teknologi terbaru dari hampir semua lini industri otomotif Indonesia, kami berharap GIIAS Makassar 2019 akan selalu mendapat tempat di hati masyarakat Sulawesi. Karena setiap dukungan akan memberi arti semangat pertumbuhan bagi industri otomotif,” sebutnya.

GIIAS Makassar 2019 menghadirkan berbagai produk dan teknologi pilihan dari 8 merek kendaraan penumpang dan kendaraan komersial yakni Daihatsu, DFSK, Honda, Mazda, Mitsubishi Motors, Renault, Wuling, dan Fuso. Selain itu 3 merek sepeda motor juga akan tampil; Benelli, Honda, dan Mforce. Beberapa merek dari industri pendukung seperti Himawan Putra, Krisbow, Wincos dan Yuasa juga akan menyemarakkan ajang ini.

Berbagai program juga akan menyemarakkan GIIAS Makassar 2019, seperti program annual test drive, test ride, community gathering, dan auto contest. Tidak hanya itu, GIIAS Makassar 2019 juga punya beragam program yang seru, bermanfaat dan, bahkan menguntungkan.

Beberapa di antaranya adalah talkshow seputar bisnis otomotif GIIAS Autopreneur, acara yang dikemas dalam bentuk talkshow ini adalah wadah berbagi ilmu dan pengalaman seputar bisnis otomotif, dengan sejumlah pakar otomotif sebagai pembicaranya.

Topik diskusi melingkup inovasi dan kreasi kendaraan, serta menjadi pengusaha di bidang otomotif. Pengunjung bisa mendapat insight yang bermanfaat dari para pembicara yang datang dari berbagai latar belakang, termasuk di antaranya pembalap nasional dan jurnalis otomotif Fitra Eri, Creative Director KAWAN PARJO, Suryo Hanantoseno “Ones”, Bujangan Urban, Rizky Aditya Nugroho, dan Vlogger, Doktor dan pemerhati otomotif, dr. Fadli Ananda.

GIIAS Makassar 2019 juga menjadi ajang unjuk kreativitas tanpa batas anak bangsa. Berkolaborasi dengan Parjo (Pasar Jongkok), GIIAS Makassar 2019 akan semakin seru dengan bermacam display dan instalasi seni, Kastem pick award, Artworker show by. Bujangan Urban, Motor classic,kastem & vespa display, Car display, Smiling riding, Local creative moment Selling & Exhibition.

Editor : Edy Pramana



Close Ads