alexametrics

All New Corolla Altis jadi Generasi ke-12, Ini 4 Keunggulannya

12 September 2019, 23:57:51 WIB

JawaPos.com – Corolla, salah satu mobil keluaran Toyota baru saja diluncurkan model terbarunya yakni All New Corolla Altis dan hadir di Indonesia. Dengan demikian Corolla kini sudah memasuki generasi ke-12.

Toyota Corolla pertama kali dilahirkan pada 1966 silam. Itu adalah generasi pertama Corolla. Sejak saat itu, model-model Corolla lainnya terus dirilis dengan mencatatkan rekor sebagai salah satu mobil paling laris yang pernah dirilis Toyota.

Di Indonesia sendiri, pihak Toyota menjabarkan bahwa Corolla berhasil membukukan penjualan hingga 147 ribu unit. Untuk pasar Indonesia, Corolla yang pertama kali hadir adalah Corolla generasi kedua lansiran tahun 1971 hingga 1974. Kehadiran Corolla di pasar Indonesia pada tahun 1972.

Terkait Corolla, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi menyebut bahwa Corolla adalah legenda. “Saya ingat, ayah saya punya Corolla dulu. Kami sekeluarga pernah pakai Corolla, dan ini memang legenda,” ujar Anton di peluncuran All New Toyota Corolla Altis di Jakarta, Kamis (12/9).

Untuk Toyota Corolla Altis yang baru, model generasi ke-12 ini dikatakan Anton memiliki 4 keunggulan yang membuatnya layak mewarisi citra legenda sang Corolla. Selain tangguh, Corolla Altis paling anyar kini juga semakin canggih dengan dibekali mesin Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang pertama kali dilakukan Toyota untuk Corolla di Indonesia.

Kabin All New Corolla Altis (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Empat keunggulan Toyota All New Corolla Altis yang baru yakni dari segi styling atau desain, driving performance, safety, dan tren elektrifikasi. “Empat keunggulan ini yang membuat All New Corolla Altis baru berbeda dengan pendahulunya,” tegas Anton.

Dari segi desain, Toyota mengklaim dengan berbagai kemajuan teknologi dan kebutuhan pelanggan, Corolla baru ini tetap tak meninggalkan DNA yang sudah terbentuk sejak generasi pertama. Penegasan All New Corolla Altis sebagai kendaraan yang mengedepankan karakter emotional styling terlihat pada konsep eksterior yang disebut Modern Prestige.

Terlihat jelas garis desain eksterior All New Corolla Altis menonjolkan gaya yang lebih berwibawa namun tetap halus. Didukung penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), dimensi kendaraan ini tampak lebih luas dan lebih rendah sehingga menonjolkan stabilitas yang kuat.

Untuk sisi interior, kabin didesain lebih luas sehingga tidak hanya terasa lapang tapi juga lebih bersih layaknya kendaraan premium. Ventilasi udara mobil ini juga lebih memastikan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang selama dalam perjalanan dengan tarikan-tarikan tegas di dashboard depannya.

Penggunaan platform TNGA membuat performa driving pada All New Corolla Altis diklaim jauh lebih mengesankan. Dengan center of gravity lebih rendah 20 mm dibandingkan generasi sebelumnya, All New Corolla Altis kini juga disebut jauh lebih stabil. Penggunaan platform TNGA dalam rancangan struktur, membuat dimensi kendaraan ini tampak lebih kokoh dengan panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.435 mm.

Menggunakan double wishbone pada suspensi belakang yang sebelumnya menggunakan torsion beam, All New Corolla Altis menjanjikan stabilitas dan kenyamanan pengendaraan yang sangat baik, serta meningkatkan kapasitas kompartemen bagasi yang lapang.

Terkait aspek driving performance, All New Corolla Altis dibekali dengan pilihan mesin combustion gasoline dan pilihan mesin HEV. Untuk All New Corolla Altis dengan varian teknologi HEV generasi terbaru mobil ini hadir dengan motor listrik P610 HEV transaxle.

Baris kedua seat All New Corolla Altis (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Varian Hybrid dijanjikan memiliki power output engine 95 PS untuk mesin combustionnya sementara motor listriknya menjanjikan tenaga 75 PS. Torsi dari varian Hybrid sendiri juga ada dua yakni 14,47 Nm untuk mesin combustionnya dan 16,62 Nm untuk motor listriknya.

Sementara untuk varian lain yakni dengan mesin combustion 1.8 L, ada dua trim yang dilepas. Pertama adalah trim G dan trim V. Keduanya menggendong mesin yang sama yakni 2ZR-FXE yang menjanjikan tenaga 140 PS dengan torsi 17,5 Nm.

Seluruh model Corolla Altis yang baru hadir dengan transmisi otomatis. Toyota tak membawa opsi transmisi lain dalam hal ini manual untuk generasi terbaru Corolla itu.

Corolla Altis baru juga membawa panel kemudi yang seluruhnya LED di bagian dalam. Beberapa mode atau style berkendara juga ditawarkan untuk memberikan pengemudi kesan mengemudi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Buritan All New Corolla Altis (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk asspek ketiga yakni keselamatan, Corolla Altis terbaru membawa segudang fitur keselamatan yang canggih. Namun sayang, fitur canggih Toyota terkini itu hanya hadir di varian paling mahal yakni All New Corolla Altis HEV.

All New Corolla Altis HEV juga merupakan model pertama Toyota di Indonesia dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap dan canggih dari Toyota Safety Sense (TSS). Beberapa fitur canggih itu yakni Pre Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), serta Automatic High Beam (AHB).

Didasarkan kemajuan teknologi saat ini, TSS adalah platform terbaru Toyota dalam menghadirkan fitur keselamatan berkendara dengan level tertinggi bagi pengembangan produk-produknya ke depan. Misalnya saja fitur PCS dan DRCC fitur diklaim mampu secara cerdas mengambil keputusan ketika dihadapkan dalam situasi tertentu yang berbahaya misalnya. Fitur bekerja untuk mengatur jarak antar kendaraan dan fungsi lainnya.

Selanjutnya ada fitur LDA dengan Steering Assist, fitur akan mampu membaca garis marka jalan untuk membantu kendaraan tetap berada di jalur yang benar. Fitur dioptimalkan Automatic High Beam yang bisa mengontrol sistem penerangan untuk memberi sinyal ke pengemudi lain, atau kebutuhan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk makin mewujudkan fun to drive dan kenyamanan berkendara yang semakin kental, pada All New Corolla Altis HEV juga disematkan multimedia system yang dilengkapi dengan 8 inci head unit display yang terintegrasi dengan sistem monitor hybrid, bluetooth dan wifi, Apple car play, Smart Device Link (SDL), dan miracast.

Tampang All New Corolla Altis (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Multimedia system yang disematkan pada All New Corolla Altis HEV tak hanya mendukung fitur fitur entertainment, tapi juga untuk operasional fungsi fungsi lainnya seperti door lock, sistem AC, dan lainnya.

Terakhir, keunggulan All New Corolla Altis adalah kini mulai mengikuti tren elektrifikasi. Elektrifikasi pada All New Corolla Altis dikatakan sebagai terobosan baru yang akan mulai menjadi concern Toyota dalam mobil-mobil anyarnya di Indonesia.

Elektrifikasi dengan All New Corolla Altis HEV disebut mampu menghemat lebih dari 70 persen penggunaan bahan bakar pada mesin combustionnya. Dengan demikian, emisi yang dihadirkan juga disebut 60 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan mesin combustion biasa.

All New Corolla Altis di Indonesia dijual mulai harga Rp 468 jutaan untuk tipe 1.8 G, Rp 489 jutaan untuk tipe 1.8 V dan Rp 566 jutaan untuk tipe HEV. Seluruh model Corolla Altis terbaru merupakan rakitan atau CBU dari Thailand.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads