alexametrics

Produsen Ban Seriusi Layanan Purnajual

12 Juli 2019, 11:55:10 WIB

JawaPos.com – Populasi mobil penumpang (passenger car) semakin bertambah. Data Gaikindo menyebutkan bahwa jumlah city car, multi purpose vehicle (MPV), dan low cost green car (LCGC) di Indonesia mencapai lebih dari 10 juta unit. Pasar yang membesar itu membuat produsen ban gencar merilis varian-varian baru agar konsumen bisa memilih yang sesuai kebutuhan mereka.

PT Goodyear Indonesia Tbk pun tak mau ketinggalan. Dewasa ini, mereka agresif melempar produk baru ke pasar dalam negeri untuk mobil penumpang.

“Penjualan kami tahun lalu tumbuh lebih dari 5 persen,” kata Trade Marketing, Sales Operational, dan Consumer Product Manager Goodyear Indonesia Arfianti Puspitarini, Kamis (11/7).

Sejauh ini, ban untuk MPV dan LCGC masih menyumbangkan penjualan terbanyak. “Kontribusinya sekitar 60 persen ditopang Assurance DuraPlus dan Assurance TripleMax,” terang Rini, sapaan Arfianti, dalam peluncuran Goodyear Assurance DuraPlus 2 di Surabaya. Bermunculannya jenis-jenis mobil baru membuat dia optimistis pertumbuhan bisnisnya positif.

Ban Goodyear Assurance DuraPlus 2 (goodyear-indonesia.com)

Rini mengakui bahwa industri otomotif sedang lesu. Namun, itu tidak terlalu berdampak pada kinerja perusahaannya. Sebab, Goodyear tidak hanya memasok ban orisinal atau OEM ke agen pemegang merek (APM), tapi juga merambah pasar replacement atau penggantian ban.

“Porsi penjualan ban OEM dan replacement Goodyear Indonesia fifty-fifty,” tegasnya.

Saat ini, Goodyear masuk jajaran lima besar penjual ban di tanah air. Penyumbang sales terbanyak adalah Jabodetabek dengan kontribusi 30 persen. Jatim berada di urutan kedua dengan kontribusi 20 persen.

Tentang pasar replacement, Head Marketing & Corporate Communication Goodyear Indonesia Wicaksono Soebroto mengatakan bahwa produsen ban pun harus memikirkan layanan purnajual dan garansi.

“Jadi, kami tidak hanya jualan ban,” jelasnya. Assurance DuraPlus 2, misalnya. Produk yang dijuluki ban sejuta umat itu bergaransi 12 bulan atau 20 ribu kilometer. Harganya pun terjangkau.

Editor : Edy Pramana

Reporter : car/c17/hep



Close Ads