alexametrics

Jangan Terlewat, Jangka Waktu Maksimal Skutik Wajib Servis Besar

12 Juli 2019, 19:49:18 WIB

JawaPos.com – Skuter matik (skutik) memang butuh perawatan yang rutin dan berkala. Sebab, andai telat untuk melakukan servis rutin, bakal berakibat fatal dan merembet ke komponen lainnya.

Idealnya, skutik memang wajib masuk ke bengkel resmi sebulan sekali. Tapi, memang harus dilihat juga jarak tempuh biker menggunakan skutik. Biasanya mana yang tercapai lebih dahulu.

Hal itu karena skutik tak hanya bicara mesin injeksi saja. Tapi, ada komponen lain seperti roller, v-belt, hingga semuanya yang ada dalam CVT (Continuously Variable Transmission).

“Sebulan sekali minimal servis. Nah, kalau jarak tempuh, minimal 2.000 kilometer harus servis. Kalau dalam seharinya skutik digunakan jarak jauh, kurang sebulan harus diservis. Itu standarnya,” beber Kepala bengkel AHASS 6803 Bekasi, Ismail Shaleh, kepada JawaPos.com.

Soal CVT wajib menjadi perhatian biker. Sebab, salah satu yang membuat motor bergetar saat tarikan awal lantaran CVT jarang sekali dibuka. Untuk itu, perlu kiranya melakukan servis besar sebulan sekali.

“Tergantung pemakaian. Kalau jarak dekat mungkin sebulan sekali dicek. Kadang 24 ribu kilometer minimal. Biasanya bengkel resmi buka CVT dan dicek,” tutup Ismail.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Indra Eka Setiawan



Close Ads