alexametrics

Yamaha Resmikan Mesin Listrik Berperforma Tinggi Buat Motor dan Mobil

12 Februari 2020, 23:15:17 WIB

JawaPos.com – Yamaha baru saja mengumumkan kalau mulai menerima pesanan untuk prototipe motor listrik berkinerja tinggi. Motor listrik tersebut diklaim dapat menghasilkan daya besar yang terdepan untuk mobil dan jenis kendaraan lainnya termasuk sepeda motor.

Dikutip JawaPos.com dari laman resminya, Rabu (12/2), unit mesin listrik compact tersebut dapat menghasilkan hingga 200 kW dalam output daya. Tenaga tersebut diklaim dapat dihasilkan berkat konduktor efisiensi tinggi, teknologi pengecoran, dan pemrosesan canggih yang diolah Yamaha selama bertahun-tahun.

Seperti sudah disinggung di atas, mesin atau motor listrik tersebut bisa digunakan baik untuk mobil atau sepeda motor listrik. Yamaha menyebut pihaknya akan menyesuaikan prototipe mesin listriknya dengan kebutuhan spesifik pelanggan individu. Bhakan akan mengerjakannya dalam waktu singkat menggunakan teknologi produksi yang secara fleksibel disesuaikan dengan berbagai kelompok produknya.

Ke depan, Yamaha berharap untuk memperdalam pengetahuannya tentang kebutuhan pasar yang berkembang dengan menyesuaikan motor dengan kebutuhan pelanggan individu.

Inisiatif ini juga disebut sebagai bagian dari strategi bisnis ‘Transforming Mobility’ Yamaha Motor. Hal ini diumumkan bersama dengan visi jangka panjangnya hingga 2030 di bawah panji ‘Art for Human Posabilities’ pada 11 Desember 2018 lalu.

Sebelumnya, Yamaha diketahui telah menguji paket motor listrik magnet sinkron permanen 270 daya kuda baru di kompartemen mesin mobil karbon 4c Alfa-Romeo sports car. Yamaha mengklaim bahwa mesin ini sangat ringan dan compact untuk tingkat daya yang dihasilkannya. Hal tersebut mampu dicapai berkat teknologi konduktor efisiensi tinggi dan teknologi casting terpadu yang canggih.

Yamaha juga diketahui telah concern terhadap sepeda motor listrik sejak setidaknya 2013 dan selain dari segelintir skuter, e-Bike, dan motor balap uji coba profesional. Namun mereka belum benar-benar membawa motor listrik ke pasar.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads