alexametrics

Pasar Otomotif Menggeliat, Optimistis Tembus Target 1,1 Juta Unit

11 Desember 2018, 20:35:01 WIB

JawaPos.com – Pasar otomotif sepanjang tahun ini diprediksi tumbuh 10 persen dibanding tahun lalu. Tercatat, penjualan ritel (diler ke konsumen) hingga November 2018 mencapai 1.042.890 unit atau meningkat 8,8 persen. Sementara, wholesales (pabrik ke diler) mencapai 1.063.189 unit atau tumbuh 6,9 persen dibanding periode sama tahun lalu.

“Ditengah banyak pesimisme tentang ekonomi ternyata dua tolak ukur penting yaitu properti dan otomotif kondisinya membaik. Dengan melihat capaian hingga November, kita perkiralan sampai akhir tahun penjualan mobil bisa tumbuh 10 persen,” ujar Marketing and CR Division Head PT AI-DSO Operation Hendrayadi Lastiyoso disela penyerahan 45 unit mobil rekondisi kepada konsumen setia Daihatsu di Astra Biz Center, Serpong, Tangerang, Selasa (11/12).

Pihaknya optimistis penjualan hingga akhir tahun bakal menembus target dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebesar 1,1 juta pada tahun ini. Pasalnya, penjualan rata-rata bulanan mobil di Indonesia berkisar 90-100 ribu unit perbulan. Dengan begitu, diperkirakan hingga akhir tahun penjualan bisa mencapai 1.150.000 unit.”Rasa-rasanya untuk mencapai target 1,1 juta unit cukup mudah,” ungkapnya.

Pasar Otomotif Menggeliat, Optimistis Tembus Target 1,1 Juta Unit
Daihatsu Xenia yang telah direkondisi, Selasa (11/12/2018) di BSD Tangerang. (MUHAMAD ALI/JAWA POS)

Khusus Daihatsu, lanjut Hendra, pertumbuhan penjualan hingga November juga tinggi, yakni mencapai 8,1 persen. Tercatat sepanjang Januari hingga November 2018, Daihatsu meraih 178.566 unit dengan pangsa pasar 17,1 persen. Daihatsu berada di urutan ketiga dibawah Toyota dan Mitsubishi. Meski begitu, ia yakin akhir tahun posisinya berubah.“Kami memang masih di urutan ketiga, tetapi hingga akhir tahun kami bisa bergeser ke posisi kedua,” tegasnya.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, pangsa pasar Daihatsu sebesar 17,1 persen mencerminkan penerimaan yang baik dari masyarakat Indonesia. “Kami optimistis hingga akhir tahun ini bisa mempertahankan market share itu. Apalagi di awal tahun, target kami di tahun ini hanya 16 persen, sama dengan pencapaian di 2017. Makanya, angka 17,1 persen ini sudah melampaui target yang kami tetapkan,” tukasnya.

Ia memperkirakan, tahun depan kondisi ekonomi nasional masih belum sulit diprediksi karena terkait erat dengan suasana politik nasional. Karena itu, Daihatsu tidak akan menetapkan target penjualan secara muluk-muluk. Amel mematok penguasaan pasar sebesar 16 persen di 2019.”Gaikindo sudah memprediksi penjualan otomotif di 2019 akan stagnan. Maka dari itu kita tidak ingin mencanangkan target yang tinggi,” terangnya.

Program Rekondisi

Dalam rangka terus memberikan perhatian kepada para konsumennya, kemarin (11/12) Daihatsu menyerahkan 20 mobil pemenang program Daihatsu Setia 2018 yang terdiri atas 8 unit Xenia, 8 Terios, 2 Sirion, dan 2 Luxio. Program rekondisi mobil lama milik pelanggan setia menjadi seperti baru keluar dari pabrik itu telah menginjak tahun kelima kalinya sejak digelar 2014 lampau.

Dengan penyerahan 20 unit pemenang pelanggan setia Daihatsu ini, Daihatsu sukses memberikan kesempatan rekondisi mobil para pelanggan setia dengan total sebanyak 45 unit (20 Xenia, 20 Terios, 3 Luxio, dan 2 Sirion) di total tujuh area meliputi Jawa Tengah dan Yogjakarta, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, serta Jakarta dan sekitarnya.

Penyerahan mobil rekondisi Daihatsu ini diwarnai perasaan haru dan bahagia dari pelanggan setia Daihatsu yang merupakan pemenang Daihatsu Setia 2018. Seluruh pemenang terkejut saat melihat hasil rekondisi mobil mereka. Salah satu pemenang, Priswandi, mengaku bahagia dengan program itu, karena Daihatsu masih memperhatikan konsumen lamanya. Pemilik Daihatsu Xenia yang sudah mencapai jarak tempuh 371.570 km itu mengaku sangat puas memakai Xenia karena awet.

“Saya tidak pernah dikecewakan oleh Xenia. Bahan bakarnya irit dan saya sangat apresiasi Daihatsu, karena hanya Daihatsu yang memberikan hadiah terindah bagi pelanggan yang setia dengan rekondisi seluruh bagian mobil,” ujar pria yang bekerja sebagai militer di TNI AL ini.

Hal senada dikatakan Daniel Salahudin. Ia memilih Terios karena memiliki ground clearence yang tinggi. “Saya awalnya memilih Terios karena ground clearance yang tinggi. Ternyata saya juga suka mobilnya karena desainnya yang gagah. Terios saya sangat aktif sehingga tidak terasa sudah menempuh jarak 301.753 KM, dan sangat awet dan tangguh. Selama bertahun-tahun memakai mobil Daihatsu, saya tidak pernah mengalami masalah,” ujar dia.

Pemenang program Daihatsu Setia lainnya Sigit Handoko mengaku senang bisa terpilih. Pemilik Sirion keluaran 2011 memilih Sirion karena mobilnya kompak dan lincah. “Saya menggunakan mobil ini untuk aktivitas kerja sehari-hari mulai dari Salemba-Bekasi-Depok. Meskipun sudah menempuh 164.068 KM, namun Sirion saya tetap awet. Saya kaget daan bahagia karena terpilih sebagai salah satu pemenang diantara sekian banyak pendaftar,” ujar pria yang berprofesi sebagai dokter gigi ini.
Senada dengan pemenang lainnya, Gusti Harso memilih Luxio karena kabin mobil yang luas dan memiliki mesin yang lumayan bandel.“Saya sering mengajak jalan keluarga besar, sehingga butuh mobil yang luas dan muat banyak orang. Saya sering melewati jalur panjang dan berbatu, meskipun diisi dengan kapasitas penuh, Luxio tahun 2010 ini tetap berjalan dengan baik tanpa hambatan sampai ke tujuan,” kata dia. Mobil Luxionya tercatat memiliki jarak tempuh 186.170 km. Selama ini dia tidak pernah mengalami kendala berarti saat menggunakan Luxio.

Manajemen Daihatsu menyebutkan, ada 200 komponen baru yang disematkan untuk menggantikan komponen lama mobil para pelanggan. Setidaknya, satu unit mobil yang direkondisi bisa menghabiskan dana sekitar Rp 90 juta. Dana itu belum termasuk biaya jasa di bengkel maupun sewa mobil pengganti untuk dipakai konsumen secara gratis selama dua bulan mobil mereka direkondisi.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (wir/JPC)


Close Ads
Pasar Otomotif Menggeliat, Optimistis Tembus Target 1,1 Juta Unit