alexametrics

Mulai Rp 190 Jutaan, Intip Spek Lengkap All New Daihatsu Xenia

11 November 2021, 18:13:17 WIB

JawaPos.com – Tak mau kalah dari Toyota yang merilis All New Avanza dan All New Veloz, Daihatsu juga merilis All New Xenia. Memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang dibuka pada Kamis (11/11), Daihatsu merilis All New Xenia dengan harga mulai Rp 190 jutaan.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebut, kehadiran Xenia terbaru membawa banyak perubahan yang bisa menggoda konsumen. All New Xenia dikatakan mendapat ubahan menyeluruh, baik dari desain, fitur-fitur, hingga platform yang diusung telah menggunakan DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

“Hari ini di GIIAS 2021, kami memperkenalkan generasi terbaru dari Xenia. Mobil ini sudah menggunakan platform terbaru, yaitu DNGA. Selain itu, All New Xenia juga menggunakan penggerak roda depan, dua pilihan mesin, dan tersedia dalam transmisi CVT,” kata Toshinori Edamoto President Director PT Astra Daihatsu Motor di panggung acara GIIAS 2021.

Banyak berubah seperti pada model kembarannya yakni All New Avanza dan All New Veloz, All New Xenia juga secara tampilan tampak menggunakan bahasa desain terbaru Daihatsu. Grille-nya berukuran besar, gegas, namun terpisah bagian atas dan bawah.

Di balik kap mesinnya, All New Xenia punya dua tipe mesin yakni 1.500 cc dan 1.300 cc yang dapat dengan mudah dibedakan. Pasalnya, untuk tipe 1.5 ini, di bagian depan akan terlihat ada garis merah yang memanjang dari headlamp ke headlamp.

Selain itu, untuk yang tipe ADS, juga diberikan lower skirt berwarna hitam doff yang membuat tampilannya menjadi sporty. Daihatsu juga menyematkan lampu full LED yang desainnya sipit. Sedangkan untuk lampu kabutnya berbentuk lingkaran dan masih mengandalkan bohlam halogen warna kuning.

Geser ke bagian lain, secara dimensi Xenia terbaru lebih panjang dimensinya ketimbang model terdahulunya. Di atas kertas, Xenia terbaru ini panjangnya 4.395 mm atau lebih panjang sekitar 20,5 cm dari yang lama. Lebarnya pun melebar, namun tak signifikan.

Xenia terbaru ini punya lebar 1.730 mm atau lebih lebar sekitar 7 cm. Dan tingginya berkurang 4 cm, menjadi 1.655 mm. Lalu untuk urusan jarak sumbu roda pun kini memanjang sekitar 9,5 cm menjadi 2.750 mm dan ground clearance atau jarak ke tanahnya meningkat sedikit menjadi 205 mm.

Di area samping, sama seperti depannya, tak tampak lagi garis desain Xenia yang lama. Kini Xenia hadir dengan tarikan garis baru yang lebih “berotot”. Model jendela belakangnya juga dibuat tajam, mengesankan desain yang lebih sporty ketimbang Xenia generasi sebelumnya.

Di dalam kabin, All New Xenia khususnya model 1.5 R CVT ASA ADS juga tampil jauh beda dari model lawas. Lebih sporty dengan AC, kisi AC, headunit, setir yang tampak lebih modern dengan sentuhan digital.

Xenia tipe tertinggi kini juga tak pelit fitur dengan sudah punya fitur keselamatan ASA, sehingga fitur keselematannya jadi kian kompleks dan dibekali radar atau stereo camera di kaca depannya.

Mirip dengan ASA di Rocky, ASA di Xenia ini juga meliputi enam fitur keselamatan berkendara, yaitu Pre Collision Waring, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Depature Alert, Lane Depature Warning dan Lane Depature Prevention.

Sama seperti pada All New Avanza dan All New Veloz, kini Daihatsu All New Xenia juga dijejali dengan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Selain itu, tenaga dari mesinnya juga sekarang disalurkan dengan transmisi CVT alih-alih matik konvensional.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads