alexametrics

VW Golf Tidak Akan Dijual di Indonesia, Ini Alasannya

11 November 2019, 21:38:32 WIB

JawaPos.com – Volkswagen (VW) di pasar global baru saja merilis salah satu mobil anyar, yakni VW Golf Mk 8 model 2020. Mobil ini adalah penerus dari keluarga Golf yang perdana dilahirkan tahun 1974 silam.

Kehadiran VW Golf MK 8 anyar di pasar global jelas memperkuat nama Volkswagen dengan model-model mobil yang variatif. Sayangnya, Golf terbaru ini dipastikan tak akan diboyong pihak VW ke Tanah Air.

Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor (GMM) Jonas Chendana menyampaikan, pihaknya belum bisa menjual model anyar Golf itu Indonesia. Hal tersebut terkait dengan hal-teknis dari prinsipal VW di Jerman.

“Sementara (tidak, Red). Belum tahu sampai kapan. Kita sedang bolak-balik meeting dengan prinsipal. Secara engine mereka nggak kasih. Karena engine mereka sudah Euro 6,” ujarnya di Senayan, Jakarta belum lama ini.

Dengan standar emisi Euro 6 yang terbilang ketat, disebut Jonas bahan bakar yang ada di Indonesia belum comply terhadap spesifikasi mesin yang bersangkutan. Dia menyebut bahan bakar yang tersedia di Indonesia belum bisa mendukung engine terbaru yang disematkan pada Golf terbaru.

VW diketahui pernah terlibat skandal Dieselgate. Skandal tersebut adalah manipulasi emisi atau kecurangan uji emisi yang dilakukan oleh Volkswagen AG di Jerman untuk mobil-mobil yang dipasarkan antara tahun 2009 sampai 2015.

Dari kasus tersebut tampaknya VW berkaca dan tak ingin terjadi lagi di kemudian hari. Hal itu yang tampaknya menjadi pertimbangan kuat mengapa mereka tak ingin menjual VW Golf anyar di pasar yang belum tersedia bahan bakar yang comply terhadap mesin berstandar Euro 6.

“Karena bahan bakarnya nggak fit. Kebijaksanaan dari kepala sampai ke ekor itu semua nggak ada toleransi lagi sekarang, karena masalah yang dulu (Dieselgate),” sambung Jonas.

Dia juga menyebut, VW Golf terakhir kali dijual di Indonesia pada 2017. Itupun produk sisa-sisa saja. “Sisa-sisa tahun 2017. Setelah itu udah nggak jual,” tandasnya.

Sebagai informasi, VW Golf Mk 8 2020 di Eropa akan tersedia dalam dua pilihan mesin penggerak, yaitu model bensin super efisien dan plug-in hybrid (PHEV). Varian eTSI mengombinasikan sistem mild hybrid 48V dengan jantung mekanis TSI.

Keseluruhan, terdapat tiga pilihan output daya pada mobil VW Golf anyar ini yakni 110 PS, 130 PS, 150 PS. Dua hybrid lainnya berupa PHEV standar dan GTE. Model PHEV standar mampu menghasilkan data 204 PS, sedangkan GTE sanggup mencatat 245 PS.

Versi konvensional mobil ini juga mendukung tiga jenis sumber energi, TSI (bensin), TDI (diesel), dan TGI (gas alam).

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads