alexametrics

Poles Tampilan, Incar Pasar MPV

11 September 2019, 18:31:23 WIB

JawaPos.com – Pasar mobil sport utility vehicle (SUV) tidak kalah menjanjikan dari multi purpose vehicle (MPV). Angka penjualan mobil jenis itu juga terus meningkat. Maka, para agen pemegang merek (APM) bersaing ketat untuk menguasai pasar potensial tersebut. Salah satunya adalah PT Astra Internasional Tbk-Isuzu.

Branch Manager PT Astra International Tbk-Isuzu Surabaya Arif Rahmawan menyebut dua alasan di balik meningkatnya popularitas SUV. Yakni, lebih banyak kapasitas dan modelnya lebih gaya. Front fascia dan bumper-nya juga lebih tebal. ”Tahun ini kami berkomitmen memperkuat market pada kelas SUV high lewat MU-X i-Series,” jelasnya dalam Road Show Isuzu MU-X di Galaxy Mall, Selasa (10/9).

Di Surabaya, kinerja penjualan SUV relatif baik. Angka penjualan rata-rata SUV semua merek mencapai 400 unit tiap bulan. Di antara jumlah itu, Isuzu menyumbangkan sekitar 50 unit per bulan, khusus MU-X.
”Sebenarnya varian ini ada sejak dua tahun lalu. Tapi, penyegaran sekarang ini kami harap bisa meningkatkan penjualan sekitar 5 persen,” tegas Arif.

Lewat MU-X i-Series tersebut, Isuzu membidik tiga kelompok konsumen. Pertama, fleet market yang konsumennya adalah korporasi. Misalnya, perusahaan rental, kontraktor, dan perusahaan tambang. Kedua, MPV upgrader. Artinya, konsumen MPV yang ingin naik kelas ke kategori SUV. Ketiga, konsumen loyal Isuzu.

”Memang kami akan garap tiga sektor itu. Tapi, fokus kami segmen nomor dua. MPV upgrader,” kata Arif. Sebab, harga MU-X baru tersebut tidak berbeda jauh dengan MPV. Isuzu berharap bisa merebut pasar MPV lewat MU-X i-Series.

Sejauh ini, kontribusi MU-X terhadap total penjualan Isuzu di Jatim hanya sekitar 10 persen. Namun, Arif optimistis ke depan angka tersebut terus naik. Apalagi Isuzu segera meluncurkan dua tipe terbaru MU-X. Yakni, s-Series dan z-Series.

Regional Manager Jatim Astra Isuzu FX Mardiono Danusaputro berharap publik merespons MU-X tipe i-Series yang didatangkan dari Thailand itu dengan baik. ”Dua tahun belakangan ini, penjualan MU-X meningkat. Pada 2017 mencapai 712 unit dan 2018 naik menjadi 737 unit,” paparnya. Data Gaikindo menunjukkan bahwa sepanjang Januari-Agustus, penjualan MU-X tembus 164 unit.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (car/c12/hep)



Close Ads