alexametrics

Model Mobil yang Diajukan Daihatsu untuk Relaksasi PPnBM

11 Februari 2022, 19:33:25 WIB

JawaPos.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah mengajukan model mobil, baik LCGC (Low Cost Green Car) maupun non-LCGC, kepada pemerintah untuk bisa mendapatkan insentif berupa relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) tahun ini.

Sebelumnya, pemerintah resmi perpanjang masa pemberian insentif PPnBM-DTP untuk kendaraan bermotor.

“Statusnya saat ini kami baru mendaftarkan, kami sedang menunggu approval dari Kemenperin. Jadi mari kita tunggu informasi selanjutnya, apakah model dan varian yang diajukan oleh Daihatsu, baik yang LCGC maupun non-LCGC, sama atau tidak yang diajukan dengan yang disetujui oleh pemerintah,” kata Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso saat konferensi pers virtual pada Jumat (11/2) siang WIB.

Insentif untuk model LCGC diberikan pada kuartal pertama dengan tarif PPnBM sebesar 0 persen, diikuti kuartal kedua sebesar 1 persen, kuartal ketiga 2 persen, dan kuartal keempat tarif PPnBM yang dikenakan akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 3 persen.

Untuk model LCGC, Daihatsu mendaftarkan seluruh varian untuk model Ayla dan Sigra dengan total 22 varian. Jika dirinci, model Ayla terdiri dari 12 varian dan model Sigra 10 varian.

Sementara untuk non LCGC, insentif diberikan pada kuartal pertama dengan tarif PPnBM sebesar 7,5 persen, diikuti kuartal kedua hingga kuartal keempat yang akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 15 persen.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: