alexametrics

Begini Cara Rawat Kaca Helm Agar Tetap Kinclong dan Bebas Baret

10 November 2018, 18:42:26 WIB

JawaPos.com – Bagian helm yang paling rawan dengan baret adalah visor atau bagian kaca helm. Semua pemotor tentu pernah mengalami kondisi dimana helm yang baru dipakai beberapa bulan sudah tergores dan akhirnya mengganggu pandangan saat berkendara.

Sebenarnya penyebab visor helm mengalami baret parah karena kurangnya perawatan rutin dari penggunanya. Hal yang membuat kaca helm menjadi baret karena debuh menempel yang tak pernah dibersihkan dengan cara yang benar.

Pendiri komunitas Belajarhelm, Salcomo Eato, menyebutkan biasanya pengguna helm mengelap helm dengan asal-asalan. Ketika debu masih menempel mereka langusung mengelapnya padahal sisa debuh itu yang menyebabkan goresan halus pada helm dan lama-kelamaan baretnya akan semakin parah.

Begini Cara Rawat Kaca Helm Agar Tetap Kinclong dan Bebas Baret
Helm Arai, dan helm mahal lainnyabutuh perawatan secara rutin dan benar. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

“Kesalahan yang biasa dilakukan adalah helm yang terkena debuh selama pemakaian langsung dilap tanpa dibersihkan dengan air terlebih dahulu. Akibatnya debuh yang dilap pada helm meninggalkan baret halus pada kaca helm,” kata pria yang akrab disapa Ito itu pada JawaPos.com beberapa waktu lalu.

Untuk itu Ito pun berbagi tips bagaimana merwat visor helm agar tetap kinclong dan bebas dari baret sehingga tetap awet dan nyaman untuk pandangan saat berkendara. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah miringkah helm lalu hidupkan keran air dengan putaran tipis agar mengalirkan tetes air untuk membersihkan debu.
 
“Hidupkan keran dengan putaran kecil agar air menetes pada vison. Lalu tutup keran  dan gerakan helm dalam posisi miring agar titik air bisa mengalir seluruh bagian helm sehingga mengambil debu yang menempel,” ujar Ito.

Kedua, sekah helm dengan kenebo basah agar debuh atau kotoran yang bisa menimbulkan baret terangkat dari permukaan kaca. “Jangan langsung dilap. Tapi tekan permukaan helm secara halus biar kotoran atau debuh yang menempel pada helm melekat pada kenebo basah tersebut,” urainya.

Ketiga, periksa kondisi kaca helm apakah sudah bersih dari debuh atau belum. Jika sudah bersih baru dilap dengan kain. “Periksa apakah helm sudah bebas dari debuh atau belum. Caranya miringkan dan lihat dibawa cahaya matahari atau lampu. Jika sudah bersih baru dilap dengan kain halus basah. Setelah itu baru dilanjutkan dengan lap yang kering atau microfiber,” pungkasnya berbagi.

Ito juga menambahkan salah satu hal paling sulit dan tidak bisa diperbaiki lagi adalah visor helm yang sudah terkena baret. Jika kaca helm helm sudah baret sebaiknya diganti karena bagian tersbut tidak akan sebaik visor yang baru.Itu sebabnya kaca helm perlu perawatan yang benar agar tetap terlihat mulus dan bebas dari goresan.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (wzk/JPC)



Close Ads
Begini Cara Rawat Kaca Helm Agar Tetap Kinclong dan Bebas Baret