alexametrics

Pasar Mobil Pikap Menguat

10 Oktober 2019, 18:15:27 WIB

JawaPos.com – Meski persaingan makin ketat, pangsa pasar kendaraan niaga Daihatsu Gran Max Pick Up (PU) terus meningkat. CEO PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Supranoto mengatakan, saat ini Gran Max PU merupakan penyumbang terbesar kedua penjualan Daihatsu di Indonesia. Di antara total penjualan ritel Daihatsu sepanjang Januari hingga Agustus 2019 sebanyak 13.696 unit, Gran Max PU meraih penjualan 2.989 unit atau memberikan kontribusi 22 persen.
”Sigra berada di posisi teratas dengan penjualan 3.795 unit atau menyumbang 28 persen,” katanya kemarin.

Kepala Wilayah PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Jatim, Bali, dan Nusra, Tunjung Pramusinto menambahkan, kompetisi di segmen mobil pikap memang berat. Pikap kompetitor cukup agresif dengan mengeluarkan produk baru dan paket penjualan kompetitif yang bisa diterima market.

”Kami juga menghadirkan paket kompetitif walaupun produk yang kami tawarkan masih produk lama, tetapi ternyata berhasil dan pangsa pasar kami malah meningkat,” tuturnya.

Buktinya, imbuh Tunjung, pangsa pasar Gran Max PU saat ini sudah naik. Sebelumnya, sepanjang Mei hingga Juli, pangsa pasar Gran Max PU anjlok hingga di bawah 30 persen. Kini pangsa pasar berada di angka 31,9 persen. Tunjung mengakui, di antara tiga wilayah operasi yang dinaungi, hanya Gran Max PU di Bali dan NTB yang menempati urutan kedua.

Sementara itu, di Jawa Timur dan NTT, Gran Max berada di urutan pertama dengan perolehan pangsa pasar di atas 70 persen. Malah di NTT, pangsa pasar Gran Max PU mencapai 88,14 persen.

Made Ferry, pemilik diler sepeda motor Made Ferry Motor di Denpasar, mengaku memilih Gran Max PU karena gampang dimodifikasi sehingga memudahkan untuk mengangkut sepeda motor.

”Saya hanya melihat dari sisi praktisnya,” ujar Made yang mengaku empat unit mobil Gran Max PU-nya setiap bulan bisa mengangkut 450 unit sepeda motor kepada konsumen.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (wir/c12/oki)



Close Ads