alexametrics

Perpres Terkait Mobil Listrik Diteken, Toyota: APM Siap Dukung

10 Agustus 2019, 21:12:19 WIB

JawaPos.com – Pemerintah diketahui baru saja menandatangani aturan terkait mobil listrik dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). Perpres terkait mobil listrik ditandantangani langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (5/8).

Menanggapi aturan terkait mobil listrik yang sudah diteken, Toyota Astra Motor mengaku mendukung kebijakan pemerintah. Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menuturkan, Peraturan Presiden yang sudah diteken akan menjadi landasan untuk pengembangan kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) di tanah air tercinta ini.

“Semua Agen Pemegang Merek (APM) di tanah air, termasuk Toyota, pasti akan mendukung semua kebijakan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional. Kami (Toyota) berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah terkait dengan pengembangan kendaraan EV yang sesuai dengan kondisi Indonesia,” ujarnya kepada JawaPos.com melalui pesan singkat.

Lebih lanjut, Soerjo menyebut saat ini soal mobil listrik di Indonesia sendiri sudah familiar dalam beberapa jenis. “Sekarang ini kita mengenal beberapa jenis EV, diantaranya Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV (PHEV), Battery EV (BEV), dan Fuel Cell EV,” lanjutnya.

Terkait dengan jenis-jenis mobil listrik tersebut dirinya meminta masyarakat untuk mengenal dulu jenis-jenisnya. “Pemahaman masyarakat mengenai kendaraan jenis EV perlu diperkuat agar masyarakat siap mengoperasikan secara aman mobil ramah lingkungan ini,” tutup Soerjo.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi memang sudah menandatangani aturan terkait mobil listrik. Informasi soal Presiden Jokowi yang telah menandatangani Perpres mengenai mobil listrik disampaikan langsung olehnya setelah meresmikan gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, belum lama ini. “Sudah, sudah. Sudah saya tanda tangan Senin pagi,” katanya.

Dengan telah ditekennya Perpres terkait mobil listrik, aturan yang sudah dirancang itu diharapkan bisa mendorong industri otomotif bergerak ke arah yang lebih ramah terhadap lingkungan. Mobil listrik sendiri digadang-gadang sebagai kendaraan masa depan dengan zero emision yang lebih ramah lingkungan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Close Ads