alexametrics

Modifikasi Mobil Klasik yang Dijejali Mesin Tesla, Makin Ngacir

10 Agustus 2019, 15:56:40 WIB

JawaPos.com – Ada banyak cara menunjukkan kecintaan terhadap dunia otomotif, baik roda dua ataupun roda empat. Bagi penyuka kendaraan lawas, tentu kegiatan yang paling mengasyikkan adalah membuat kendaraannya tetap terlihat kece, cantik, dan selalu nyaman digunakan meskipun berusia uzur.

Kecintaan terhadap kendaraan lawas juga ditunjukkan dengan sedikit melakukan modifikasi agar mobil selalu dalam kondisi prima dan memikat mata, seperti yang dilakukan pria Inggris misalnya. Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman BBC, Sabtu (10/8), seorang pria dari Newton, Wales, Inggris bernama Richard Morgan membuat kendaraan lawasnya tampil beda.

Betapa tidak, dirinya yang merupakan penghobi mobil klasik itu menjejali mobil klasiknya menjadi tidak hanya bertenaga, tapi juga ramah lingkungan meski sudah tua. Morgan mengganti mobil klasiknya dengan mesin mobil listrik Tesla.

Dia mendapatkan mesin mobil listrik Tesla dari pengepul spare part copotan. Setiap kali Tesla kecelakaan, seperti menabrak pohon, hal itu bisa jadi ‘hadiah’ untuk para penggemar mobil klasik seperti Morgan ini. Di seluruh dunia, industri rumahan berkembang dalam mengubah mobil klasik menjadi kendaraan listrik.

Perusahaan-perusahaan kecil membeli suku cadang Nissan dan Tesla lama dan membautnya ke Ferrari, Porsche, serta BMW. Lansiran lawas tentunya. Hal tersebut menjadikannya lebih bersih, lebih mudah dirawat, dan bahkan lebih cepat.

Proses dasarnya sedikit berbeda dari perusahaan ke perusahaan (merek dan tipe mobil). Misalnya saja saat mengeluarkan mesin dan tangki bahan bakar. Kemudian mengganti dengan baterai dan motor listrik serta menghubungkan motor ke kotak persneling lama.

Beberapa pekerjaan mengubah mobil klasik ke mesin listrik oleh Morgan adalah Ferrari klasik miliknya. Dia telah melakukan konversi ke Ferrari 308 dengan mesin listrik. Minatnya ini dimulai beberapa tahun lalu ketika momen balap mobil klasik. Timnya menggunakan sepeda listrik Oset untuk mengangkut bagian-bagian dan makanan ringan.

“Itu bukan masalah lingkungan, murni dari sudut pandang mobil. Bagaimana saya bisa membuatnya lebih cepat, lebih baik, lebih dapat diandalkan?” kata Morgan.

Ferrari klasiknya sekarang dapat meluncur dari 0-60 mph dalam 3,5 detik pada kondisi baik. Ini mengurangi separuh waktu yang digerakkan oleh bensin saat dalam belum diubah. Menurutnya, pemilik mobil tidak akan terlalu khawatir dengan tune-up dan mogok.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads