alexametrics

Perbanyak Produk Terjangkau, Motul Bidik 10 Persen Market Share

10 Mei 2019, 15:05:38 WIB

JawaPos.com – Vendor oli premium, Motul bertekad meraih 10 persen pangsa pasar atau market share di Indonesia untuk oli motor. Target itu diharapkan dapat dicapai hingga akhir 2019 dengan lebih banyak menghadirkan oli dengan harga yang lebih terjangkau. Hal tersebut mengingat Motul di Indonesia masih dikenal sebagai merek oli premium dengan harga yang lumayan mahal.

“Kita menyadari untuk oli motor di Indonesia sendiri kita masih kecil sekali, masih jauh dibawah 10 persen. Dominasinya masih  di brand-brand besar,” kata Manajer Pemasaran Motul Indonesia Pebruono Christiawan di peluncuran oli Motul terbaru di Jakarta, Kamis (9/5) sore kemarin.

Ia menyebut salah satu hambatan Motul  untuk dapat lebih di kenal oleh masyarakat di Indonesia adalah imagenya sebagai oli premium. “Masih minim edukasi di masyarakat soal pentingnya menggunakan oli berkualitas,” sambungnya.

Perbanyak Produk Terjangkau, Motul Bidik 10 Persen Market Share
Oli Motul terbaru untuk motor manual hingga 150 cc, Motul Moto 4T 10W-40. (RianAlfianto/JawaPos.com)

Lebih jauh, dirinya menjelaskan alasan mengapa Motul saat ini gencar membidik pasar oli yang lebih terjangkau lantaran demand-nya yang tinggi. “Kenapa saat ini mulai bermain di pasar bawah yang lebih terjangkau, karena kita mengincar segmen yang paling besar di Indonesia, pasar itu adalah pasar middle-low. Di Indonesia pasar itu besar sekali jadi kita akan mengincar pasar itu, kita ingin merubah image Motul tak hanya oli premium, tapi punya juga yang harga terjangkau dengan tetap menjaga kualitas khas Motul itu sendiri,” jelasnya.

Adapun terkait dengan targetnya mencapai 10 persen market share oli motor di Indonesia, pihaknya mengaku memiliki strategi khusus. Seperti sudah disinggung di atas, salah satu caranya, Motul di Indonesia kedepan akan semakin banyak menghadirkan oli motor dengan harga yang terjangkau. Variannya pun dikatakan bakal variatif, mulai dari motor manual hingga motor automatic atau motor matic.

“Oli motor matic saat ini masih berada di harga Rp 80 ribuan, kedepan akan ada produk yang lebih murah lagi. Kita akan meluncurkan di Q2 untuk oli motor matik yang lebih terjangkau lagi,” katanya.

Sementara untuk strategi selanjutnya, Iwan membeberkan bahwa untuk dapat lebih dikenal oleh masyarakat terkait dengan misinya meraih 10 persen market share oli motor di Indonesia, Motul di Indonesia juga mulai masuk ke E-Commerce.

“E-Commerce dimulai Februari lalu dengan menggaet salah satu distributor dan akhirnya mulai masuk ke E-Commerce. Kita saat ini sudah dengan Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Blanja.com juga. Dengan masuk ke E-Commerce selain menekan peredaran barang palsu kita juga ingin meningkatkan awareness kepada masyarakat,” tukasnya.

Sebagai informasi, Motul Indonesia baru saja merilis varian oli motor 4 Tak manual yang lebih terjangkau. Oli tersebut adalah Motul Moto 4T 10W-40. Motul Moto 4T 10W-4O diklaim secara khusus diformulasikan untuk motor 4 Tak berkapasitas mesin hingga 150 cc untuk segmen yang lebih terjangkau.

Motul Moto 4T 10W-4O diformulasikan dengan standarisasi JASO MA2 don API SH. Standarisasi tersebut diklaim dapat memberikan jaminan perpindahan transmisi yang sempurna pada saat starting up, akselerasi hingga percepatan. Motul Moto 4T 10W-40 juga dikatakan mampu menahan suhu tinggi kendaraan sampai pada temperatur 232 derajat celcius dengan nilai Viscosity Index sebesar 146.

Untuk merasakan sensasi berkendara menggunakan pelumas Motul Moto 4T 10W-40, vendor yang dikenal sebagai produsen oli premium dan oli untuk kebutuhan balapan ini hanya menjual Motul Moto 4T 10W-40 seharga Rp 55 ribuan saja.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads