alexametrics

Kenalkan E-Ink, Teknologi Cat Baru BMW yang Bisa Gonta-ganti Warna

10 Januari 2022, 13:34:15 WIB

JawaPos.com – Cat pada mobil memang perlu perlakuan khusus. Cat mobil juga harus dirawat agar apik dan auranya tetap tampil prima.

Omong-omong soal cat pada mobil, umumnya pabrikan memberikan hanya satu warna yang bersifat solid pada mobil keluarannya. Kalau ingin gonta-ganti warna, pemilik mobil tinggal memodifikasi atau menyesuaikan keinginan.

Hal ini tampaknya yang menjadi concern BMW. Merek kendaraan mewah asal Jerman itu di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) baru saja mengungkapkan sebuah teknologi pengecatan baru.

Disebut sebagai E-Ink, teknologi cat baru oleh BMW ini memungkinkan sebuah mobil punya banyak warna sekaligus, bahkan bisa diganti-ganti sesuai keinginan dan mood si pemilik mobil.

Teknologi cat yang bisa berubah-ubah warna ini memulai debutnya pada versi konsep BMW iX yang dipresentasikan di CES 2022. Pada bagian dasar atau surface panel mobil, diberikan lapisan permukaan BMW iX Flow yang menampilkan E-Ink yang mengandung jutaan mikrokapsul, dengan diameter yang setara dengan ketebalan rambut manusia.

Masing-masing mikrokapsul ini mengandung pigmen putih bermuatan negatif dan pigmen hitam bermuatan positif. Tergantung pada pengaturan yang dipilih, stimulasi melalui medan listrik menyebabkan pigmen putih atau hitam terkumpul di permukaan mikrokapsul. Ini bisa memberikan warna yang diinginkan pada bodi mobil.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: