alexametrics

Kawasaki Ninja 1000SX Diungkap di EICMA 2019, Gendong Teknologi Cerdas

9 November 2019, 12:46:37 WIB

JawaPos.com – Kawasaki tak ingin ketinggalan mengungkapkan sepeda motor sport andalan terbarunya di panggung pameran otomotif roda dua kelas dunia, EICMA 2019 atau Milan Motorcycle Show di Italia. Selain Z650 dan Z900, keluarga Ninja lainnya turut diungkap Kawasaki di gelaran tersebut.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari ZigWheels, Jumat (8/11), Ninja 1000SX 2020 dikatakan menggendong banyak teknologi cerdas dibandingkan model sebelumnya. Selain itu, dari segi tampilan, salah satu line-up motor sport andalan Kawasaki itu juga lebih segar dengan beberapa pembaruan.

Kawasaki Ninja 1000SX 2020 adalah penerus dari Ninja 1000 dan dilengkapi dengan pembaruan yang halus namun penting. Motor ini kabarnya akan mulai dipasarkan pada pertengahan Februari 2020 mendatang. Harganya disebut akan berkisar di GBP 11.500 atau setara dengan Rp 208 jutaan.

Dari segi mesin, motor ini hadir dengan engine yang sudah patuh terhadap aturan emisi Euro 5. Tetapi transmisi dan angka output tetap tidak berubah dengan torsi yang sama dengan model sebelumnya.

Motor ini hadir dengan mesin inline empat silinder berkubikasi 1.043 cc. Dengan mesin segitu, motor yang tak hanya mengedepankan aspek performa, tetapi juga kenyamanan berkendara ini menghasilkan tenaga 142 PS pada 10.000 rpm dan 111 Nm pada 8000 rpm. Mesin bekerja dengan transmisi 6 percepatan dengan kopling slipper clutch.

Kawasaki Ninja 1000SX hadir dengan suite elektronik lebih canggih. Ini termasuk dua mode daya, sistem kontrol traksi tiga tingkat, dan ABS menikung berbasis IMU. Selain itu, model 2020 mendapatkan fitur Cruise Control elektronik standar dan quickshifter dua arah.

Perubahan besar lainnya adalah dimasukkannya konsol instrumen TFT 10,9 cm yang tepat dengan kompatibilitas Bluetooth melalui ‘Rideology The App’. Ini menggantikan unit semi-digital yang relatif lebih sederhana dari model sebelumnya.

Pada bagian kaki-kaki, motor ini masih menggunakan shockbreaker depan up-side-down 41 mm yang dapat disetel sepenuhnya. Pada bagian belakang, ada monoshock bermuatan gas dengan preload pegas dan adjustable rebound.

Rem juga sama. Di depan ada cakram ganda 300 mm dan cakram tunggal 250 mm di bagian belakang. Roda 17 inci dilapisi dengan ban Bridgestone Battlax Hypersport S22, yang diklaim menawarkan cengkeraman superior dalam kondisi basah dan kering.

Untuk ergonomi yang lebih modern, kursi pembonceng telah dibuat lebih tebal dan luas. Selain itu, kaca depan sekarang dapat disesuaikan hingga empat tingkat. Fitur desain lain yang juga mendapat sentuhan adalah knalpot satu sisi yang didesain ulang.

Meski terlihat tebal, knalpot anyar lebih ringan 2 kg dibandingkan knalpot sebelumnya. Kawasaki Ninja 1000SX tersedia dalam tiga pilihan warna, abu-abu, putih, dan tentunya warna khas Kawasaki, hijau.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads