alexametrics

CB4X Konsep, Motor Sport Touring Masa Depan dari Honda?

9 November 2019, 12:02:43 WIB

JawaPos.comHonda meluncurkan sebagian besar model untuk 2020 di panggung Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA) 2019 atau Milan Motorcycle Shows di Italia. Selain produk nyata dan siap masuk produksi massal, Honda di ajang tersebut juga memamerkan sebuah motor konsep yang unik.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari VisorDown, Sabtu (9/11), motor konsep Honda yang mencuri perhatian di ajang tersebut adalah CB4X. Honda CB4X tampak seperti motor beraliran sport touring.

Motor konsep Honda CB4X bisa dibilang model baru. Meski hanya sebuah konsep, ada beberapa fitur menarik yang disematkan.

Pertama, nomenklatur yang cukup aneh. CB biasanya mengacu pada keluarga sepeda motor naked dan telah berlangsung selama lebih dari 50 tahun terakhir. Hanya saja, Honda berdalih itu hanya konsep. Tidak mungkin menjadi salah satu acuan dalam produksi seandainya model menjadi kenyataan. Bisa jadi nantinya akan ada perubahan lanjutan.

Motor konsep Honda CB4X memang unik. Angka ‘4’ tampaknya merujuk pada jumlah silinder, sementara X cenderung menunjuk ke kualitas seperti motor NC750X atau VFR1200X.

Motor konsep yang diungkap Honda ini mempelajari desain dan tata letak yang dapat dengan mudah beralih antara perjalanan kota dan perjalanan turing. Saat ini, ada perbedaan cukup signifikan antara segmen tur dan sport dari Honda. Model seperti NC atau VFR kental dengan nuansa turing. Honda menempatkan mereka sebagai motor petualang seperti halnya model African Twin.

Tampang motor konsep Honda CB4X (VisorDown)

Dari segi tongkrongan, Honda CB4X memiliki perawakan tinggi khas motor petualang. Namun, mendukung kesan sporty. Motor tersebut memiliki lekukan aerodinamis dengan bodi yang membesar di bagian depan.

Seperti dilansir VisorDown, sepeda motor tersebut hadir dengan powerplant empat silinder segaris. Mesin tersebut sama di Honda Wing. Tangki bahan bakar membungkuk ke depan memiliki filosofi bak seekor kobra yang siap menyerang mangsanya. Motor tersebut juga hadir dengan wind shield yang tinggi.

Pada bagian panel instrumen, ada layar untuk menunjukan informasi terkait kendaraan tersebut. Layar juga sepenuhnya dapat disesuaikan dengan posisi berkendara dan terintegrasi ke dalam fairing. Di bagian depan terdapat lampu depan yang diatur seperti cahaya berlian dan dilengkapi Daytime Running Lights (DRL). Subframe aluminium menopang ekor pendek dan tajam di bagian belakang.

“Honda CB4X adalah sebuah ide yang didedikasikan untuk para pengendara yang hidup untuk ‘berkuda’ tetapi tidak ingin menyerah pada kemungkinan pengalaman perjalanan santai,” tandas pihak Honda.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads