alexametrics

Beda Usia, Berbeda Pula Jenis Olinya

Oli sesuai, performa mesin jadi lebih handal
9 Oktober 2019, 17:00:10 WIB

JawaPos.com – Meski kendaraan jenis terbaru terus bermunculan, tidak sedikit masyarakat Indonesia masih mempertahankan ataupun membeli kendaraan lawas. Agar performa kendaraan lawas tetap memiliki performa yang mumpuni perawatan pun harus lebih teliti. Salah satu perawatan yang wajib dilakukan yakni mengganti oli dengan teratur, tentunya dengan pemilihan oli yang sesuai dengan jenis dan usia kendaraan. Oli yang baik akan menjaga kinerja mesin dan performa mesin mobil, salah dalam memilih oli akan mengakibatkan kerusakan pada mesin.

Menggunakan oli yang lebih encer memang akan memberikan performa yang lebih baik terhadap mobil Anda, pendapat ini memang ada benarnya.

Oli yang lebih encer akan lebih mudah mengalir serta meringankan komponen pada saat bergerak. Namun perlu dicermati bahwa, oli yang encer didesain untuk kendaraan yang tergolong baru.

Mobil dengan tahun produksi kurang dari 5 tahun, oli yang lebih encer merupakan pilihan tepat untuk melumasi mesin-mesin mobil tersebut. Hal ini dikarenakan mesin-mesin pada mobil generasi baru memiliki tingkat presisi yang semakin rapat dan lubang masuknya oli ke cylinder head juga dibuat semakin kecil, sehingga membutuhkan oli yang lebih encer untuk dapat melumasi seluruh bagian mesin dengan celah-celah yang rapat lebih cepat.

Alhasil jika Anda menggunakan oli yang lebih encer pada kendaraan lawas, oli tidak dapat mengisi celah-celah yang lebih renggang pada mesin. Karena mesin pada kendaraan lawas membutuhkan oli yang lebih kental dan juga oil film thickness yang tebal sehingga permukaan komponen yang kasar dapat terlapisi sehingga tidak terjadi gesekan langsung antar permukaan komponen mesin.Oleh karena itu oli dengan tingkat kekentalan SAE 10W 40 dan 20W 50 wajib anda gunakan pada mobil lawas Anda.

Ilustrasi pengisian oli mesin, penggunaan oli yang tepat  akan menjaga performa mesin mobil. (Istimewa)

Dengan menggunakan oli yang lebih encer maka bahan bakar yang dibutuhkan akan lebih sedikit dikarenakan mesin akan menjadi lebih ringan saat berputar karena oli yang lebih encer dan membuat tarikan mobil menjadi lebih ringan, biasanya oli yang encer tingkat kekentalannya berkisar di SAE 5W 20, 5W 30 dan 10W 30.

Sebaiknya Anda mengikuti saran pabrikan untuk memilih tingkat kekentalan pelumas yang cocok untuk mesin kendaraan Anda. Setiap oli akan menghasilkan performa mesin yang baik, asalkan digunakan untuk kebutuhan mesin yang tepat.

Kini rangkaian STP Synthetic Oil Series dengan varian pelumas mesin kendaraan STP Full Synthetic Motor Oil 5W-20, 5W-30 dan STP Synthetic Motor Oil 10W-30, 10W-40, 15W-40 dan 20W-50 dengan kategori API SERVICE SN telah dilengkapi dengan teknologi Tropical formula yang diperkaya dengan zat aditif oli terkini, yang sangat tepat untuk penggunaan di daerah iklim tropis, lebih tahan panas akibat gesekan mesin terus-menerus. Menjaga Viscosity (kekentalan oli) tetap stabil. Daya tahan pelumasan tetap sempurna. Mencegah oksidasi, mencegah pembentukan deposit seperti lumpur/sludge, tar dan varnish serta mengurangi keausan sehingga mesin lebih awet serta hemat bahan bakar tentunya.

Pergantian oli dilakukan bukan berdasarkan acuan kilometer saja tapi running engine hour karena mesin pada saat macet di jalan akan tetap berputar. Maka utamakan agar mesin selalu terlindungi bahkan pada suhu tinggi sekalipun.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



Close Ads