alexametrics

Velg Lebar dan Ubahan Suspensi Bikin Corolla KE30 Tetap Gagah

9 Juli 2019, 08:15:47 WIB

JawaPos.com – Mobil tua yang identik dengan kesan usang dan kurang sedap dipandang tak berlaku bagi Corolla KE30 lansiran tahun 1976. Corolla Veteran (Corvet), demikian sebutan populer mobil ini di kalangan penggemar keluarga mobil Corolla klasik tampak tetap gagah pada usianya yang tak muda lagi.

Adalah Miftah Mahathir, si pemilik mobil Corolla Veteran tersebut. Mobil dengan kelir Navy Green itu dipajang pada gelaran otomotif tahunan Pasar Jongkok Otomotif (Parjo) ke-8 di Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Kebetulan mobilnya diletakkan dekat dengan pintu masuk area pajang kendaraan Klasik-Retro dan langsung menarik perhatian pengunjung termasuk JawaPos.com. Miftah menjelaskan bahwa mobilnya baru saja rampung dibangun. “Ini Corolla (KE30) Veteran tahun 1976. Baru rampung dibangun,” ujar Miftah kepada JawaPos.com.

Mobil tersebut tetap terkesan gagah di usia senjanya. Velg lebar dengan padanan ban yang serasi membuat mobil beraliran modifikasi Rocket Bunny tersebut begitu memikat mata.

Velg lebar menambah gagah tampang Corolla KE30 (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk modifikasinya, dijelaskan Miftah, melalui proses yang panjang. Dimulai dari kaki-kaki, cukup banyak ubahan yang dilakukannya agar kendaraan mendapatkan fitmen yang pas antara kombinasi velg, ban, dan fendernya.

“Untuk shockbreaker depan menggunakan merek Bilstein. Velgnya sudah keluar dari lingkar body, jadi tak perlu custom coilover. Belakang pakai merek Koni, adjustable. Supaya bisa diatur tinggi rendahnya dengan mudah,” tutur Miftah.

Masih di sektor kaki-kaki, mobil kesayangannya yang diberi nama mirip karakter kartun Dragon Ball, Piccolo, dijejali velg Atara. “Velg Atara Pisang ring 15, lebar depan 8 inci, belakang 9 inci. Ban pakai Achilles 123S,” kata Miftah antusias.

Selain kaki-kaki yang menambah kesan Rocket Bunny dengan tapak lebar, mobilnya ditambahkan dengan over fender custom. Buntut bebek atau duck tail di bagian kap belakang juga semakin menambah gagah mobil tersebut. Pada bagian depan juga terdapat tambahan aksesori jenggot atau lips di bawah bemper depan. Kedua aksesori tersebut memang identik gaya Rocket Bunny.

Lampu LED besutan Daymaker tertanam di Corolla KE30 (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Masih di sektor eksterior, pada bagian depan mobil menggunakan lampu LED besutan Daymaker, lampu after market yang kerap digunakan oleh motor Harley Davidson dan kendaraan penjelajah lainnya. Pada bagian depan sisanya original, sebut saja honey comb atau sarang lebah (grill), bumper dan lampu sign-nya. Sentuhan racing 1970-an ditambah dengan spion milik Toyota Celica.

Tak hanya enak dilihat, kendaraan ini juga tampak masih layak dipacu kencang di jalan raya dengan ubahan mesin 4K 1.300 CC milik Corolla KE70 yang lebih muda. Mesin 4K sendiri diketahui sebagai mesin yang bandel. Hal tersebut tak perlu banyak ubahan untuk membuat mesin mobil tersebut mampu bersaing dengan Toyota Avanza dan mesin sejenis lainnya untuk berlari kencang di jalan tol.

Pada sektor mesin, Miftah hanya melakukan sentuhan seperti porting polish triangle, ubahan camshaft 66, air filter custom, kabel busi dan koil racing dari Blue Fire. Selebihnya dikatakan standar, hanya didongkrak performa pendinginannya dengan radiator alumunium dari SARD dengan dual fan untuk sedotan hawa panas yang maksimal.

Sedangkan di sektor interior, Miftah mengaku masih mempertahankan orisinalitasnya. Ubahan hanya terdapat pada setir milik Momo dan shift knob TRD. Untuk biaya membangun mobil tersebut, sayang pria berkacamata ini enggan menyebut nominal.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto